Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan media kartu
kuartet terhadap hasil belajar siswa sub materi vertebrata. Penelitian ini menggunakan
rancangan penelitian quasi experiment pretest-posttest control group design Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 2 Sintang, yang terdiri dari X IPA 1, X IPA 2 dan X IPA
3. Penentuan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah siswa dan nilai rata-rata
kelas hasil belajar siswa. Kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai
kelas kontrol. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes
kemampuan kognitif. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, untuk
menunjukkan deskripsi proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Nilai statistik deskriptif
yang dipilih adalah persentase yang menggambarkan keterlaksanaan perlakuan yang diterapkan.
Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis.. Hasil uji-t
diperoleh nilai thitung 2,257 lebih besar dari ttabel 1,994, bearti terdapat pengaruh metode permainan
media kartu kuartet terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh diketahui dengan uji effek
size yaitu (d) 0,35 (kategori pengaruh kecil). Hal ini diduga siswa merasa senang dan aktif
dengan pembelajaran menggunakan media kartu kuartet sehingga membuat mereka kurang
fokus dan kurang mencermati materi yang disampaikan guru melalui kartu tersebut.