Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah
dalam memberikan pemahaman konsep pada materi ekosistem kelas VII SMP Negeri 3
Tempunak tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Sekolah
Menegah Pertama Negeri 3 Tempunak yang berjumlah 3 kelas dan sampelnya terdiri dari satu
kelas VII A yang diambil dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel
dengan pertimbangan tertentu. Penulis melakukan pengamatan dan pengambilan data sebelum
dan sesudah proses pembelajaran menggunakan media lingkungan sekolah di kelas VII A.
Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus dan RPP, instrument pengukuran adalah
soal tes (pilihanganda) dan lembar observasi. Keterlaksanaan pembelajaran dengan media
lingkungan sekolah ditinjau dari guru 92,3 % dan siswa100 % dikategorikan tinggi. Dan hasil uji
normalitas data menggunakan Chikuadarat, pretestX2
hitung< X2
tabel atau 2,13< 7,82 dan posttest
X2
hitung< X2
tabel atau1,5< 7,82 maka data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas
menggunakan uji F, pretest Fhitung< Ftabel atau2,02< 2,08 dan posttest Fhitung< Ftabel atau 1,58<
2,08, maka data homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji T thitung>ttabel, atau 33,89> 1.721,
maka terdapat pengaruh media lingkungan terhadap pemahaman konsep materi ekosistem
terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai media
pembelajaran terhadap hasil belajar yaitu 0,75 dan dikategorikan tinggi.