Penelitian ini adalah tentang penggunaan objek otentik untuk mengajarkan kosa kata
bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan Pra-eksperimen. Populasi penelitian adalah
156 siswa kelas VII SMPN 1 Ketungau Hulu di tahun akademik 2016/2017. Siswa kelas C
dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data adalah pengukuran dan alat pengumpulan
data adalah tes dalam bentuk tes pilihan ganda.Berdasarkan temuan, nilai rata-rata dari posttest
adalah 75,39 dan dikategorikan “Baik”. Hasil perhitungan t-test menunjukkan bahwa “11,79”
lebih tinggi dari t-tabel untuk derajat kebebasan 37 yang 1,697. Selain itu, perhitungan pada
Pengaruh Effect Size adalah 1,65 dikategorikan “Sangat Efektif” karena lebih tinggi dari 0,8
yang tingginya tingkat efektivitas (ES> 0,8 = 1,65> 0,8). Dari perhitungan, dapat disimpulkan
bahwa pengajaran kosakata melalui Authentic Object adalah “sangat efektif”. Oleh karena itu,
hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa “Authentic Object efektif untuk mengajarkan
kosakata” diterima. Sementara, hipotesis nol yang menyatakan “Authentic Object tidak efektif
untuk mengajarkan kosakata” ditolak.