HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PUTUSSIBAU, KALIMANTAN BARAT MELALUI TUTOR SEBAYA
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Putussibau, Kalimantan Barat. Penelitian ini mengikuti desain penelitian Pre Eksperiment dengan rancangan Pretest Postest Control Group Desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Putussibau, Kalimantan Barat. Uji hipotesis dilakukan setelah melakukan uji prayarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah diketahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen, maka dilanjutkan dengan melakukan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t paired sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Putussibau, Kalimantan Barat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thit 12,022 > ttab1,739.
Ahdiyat, M. & Sarjaya. (2014). Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pengolahan Data. Jurnal Formatif, 4(1): 71–79.
Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2010). Metode pembelajaran tutor teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasar regulasi-diri. Makara, Sosial Humaniora, 14(2): 91-97.
Astari, F. A., Suroso & Yustinus. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Basicedu. 2 (1): 1-10.
Hendriansyah, D., & Myliartini, R. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Ornamen Suling Lubang Enam. Jurnal Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. 1(3).
Indrianie, N.S. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1): 126-132.
Lim, L. L. (2014). A Case Study on Peer-Teaching. Open Journal of Social Sciences, 2(8): 35-40.
Mazlahidar. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Siswa SMP Negeri 7 Bengkalis. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(4): 398-406.
Megawati, E. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Peer Teaching dalam Pengajaran Tenses pada Mahasiswa EFL. Jurnal Deiksis. 11 (01), 39-50.
San, S., Ristiati, P., & Manik, W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Motivasi Belajar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
Sugrah, N. U. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika, 19(2):121-138.