PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MIN 1 SINTANG
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sintang, Kalimantan Barat pada semester genap (Semester II) tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini mengikuti desain penelitian Pre Eksperiment dengan rancangan Pretest Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN Sintang, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VD MIN Sintang, Kalimantan Barat yang berjumlah 32 siswa. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media audio visual dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas VD Madrasah Ibtidaiyah negeri (MIN) Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thit 15,337 > ttab 1,695
Anggraeni, S. W., Yayan, A., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636.
Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. JMPM (Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika), 5(2), 40–50. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084
Bangsawan, B., Rijal, A., & Rozi, Z. F. (2020). Analisis Kesulitan Guru Menerapkan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Kelas V SD Negeri 61 Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 14(2), 133–141. https://doi.org/10.31540/jpp.v14i2.1106.
Hamzah, A. (1985). Media Audio Visual. Jakarta: Gramedia
Hukama, M., Laihat., & Masrinawatie. (2017). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Ipa Materi Daur Hidup Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 149 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 4(1):64-73.
Meliala, A.Br., & Simbolon, D.H. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Percontohan Kabanjahe Tahun Pelajaran 2021/2022. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Saintek, Sosial dan Hukum (PSSH), 1.
Mulyadi, M.T. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Konsep Gaya Pada Siswa Kelas Vi Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makasar.
Nurhidayat., Katoningsih, S., Utami, R. D., Maryana, W., Ishartono, N., Sidiq, Y., Irfadhila, D., & Siswanto, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Materi IPA Siswa SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 83–90. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14832.
Nurkamilah, S., Putri, D. I., & Muthmainnah, R. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Kawasan Pengembangan dalam Membuat Media Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction, 3(2), 339–347. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1768.
Sadiman S.A. (2008). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Setyawan, D., & Riadin, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1277