PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN 4 SINTANG
Main Article Content
Nabila Putri Fazira
Novita Tiyara Rayani
Maria Juliyanti
Nindy Sulastri
Restu Revani
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas X SMAN 4 Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes. Analisis data penelitian menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai thit 0,339 < ttab 1,729 maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XF SMAN 4 Sintang
Afcariono, M. (2008). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(2).
Jihad, A., & A. H. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Juanengsih, N., Purnamasari, L., & Muslim, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pengetahuan Prosedural Siswa pada Konsep Eubacteria. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2): 24.
Kristanti, Y. D., Subiki., & Handayani.,R., D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 123.
Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2010). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Bioedukasi, 1(1), 1–11.
Murniarti, E. (2014). Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran. Diunduh tanggal 15 Juli 2024.
Mutmainna, A. (2015). Kelebihan Dan Kekurangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). http://kerjaonline- aisah.blogspot.co.id/2014/08/kelebihan-dan-kelemahan-model.html. Diunduh tanggal 15 Juli 2024.
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2): 708.
Nuraini, E. (2012). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Berfikir, Berpasangan dan Berbagi Pengetahuan dan Ceramah terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1): 1-12.
Purnawan, Y. (2007). Deskripsi Model Pembelajaran Berbasis Proyek. http://www.yudipurnawan.wordpress.com. Diunduh tanggal 15 Juli 2024.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rati, N.W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1): 60-71.
Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Santi, T. K. (2011). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah PROGRESSIF, 7(21), 74-83.
Sastrika, I. A. K., Sadia, I. W., & Muderawan, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berfikir Kritis. E-Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 3(2).
Setiawan, H., & Yanti, R. (2023). Pengaruh Model Pjbl Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Vertebrata Kelas X Sman 6 Pontianak. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(1): 6.
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PJBL Siswa Kelas VIISMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1): 16-22.
Syam, A. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Kelas Viii Mts Madani Alauddin Paopao.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Utama, K. O. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif. 2(2):79-92