PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN 4 SINTANG
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas X SMAN 4 Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes. Analisis data penelitian menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai thit 0,339 < ttab 1,729 maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XF SMAN 4 Sintang
Afcariono, M. (2008). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(2).
Jihad, A., & A. H. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Juanengsih, N., Purnamasari, L., & Muslim, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pengetahuan Prosedural Siswa pada Konsep Eubacteria. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2): 24.
Kristanti, Y. D., Subiki., & Handayani.,R., D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 123.
Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2010). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Bioedukasi, 1(1), 1–11.
Murniarti, E. (2014). Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran. Diunduh tanggal 15 Juli 2024.
Mutmainna, A. (2015). Kelebihan Dan Kekurangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). http://kerjaonline- aisah.blogspot.co.id/2014/08/kelebihan-dan-kelemahan-model.html. Diunduh tanggal 15 Juli 2024.
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2): 708.
Nuraini, E. (2012). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Berfikir, Berpasangan dan Berbagi Pengetahuan dan Ceramah terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1): 1-12.
Purnawan, Y. (2007). Deskripsi Model Pembelajaran Berbasis Proyek. http://www.yudipurnawan.wordpress.com. Diunduh tanggal 15 Juli 2024.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rati, N.W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1): 60-71.
Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Santi, T. K. (2011). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah PROGRESSIF, 7(21), 74-83.
Sastrika, I. A. K., Sadia, I. W., & Muderawan, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berfikir Kritis. E-Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 3(2).
Setiawan, H., & Yanti, R. (2023). Pengaruh Model Pjbl Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Vertebrata Kelas X Sman 6 Pontianak. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(1): 6.
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PJBL Siswa Kelas VIISMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1): 16-22.
Syam, A. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Kelas Viii Mts Madani Alauddin Paopao.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Utama, K. O. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif. 2(2):79-92