PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 4 SINTANG
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media berbasis video terhdap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Sintang kelas VIII E Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E Sintang Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes berbentuk pilihan ganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig (Asymp.sig 2-tailed) sebesar 0,004 dimana nilai tersebut lebih kecil dari batas kritis penelitian yaitu 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media berbasis video terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Sintang Kelas VIII E Tahun Ajaran 2023/2024
Al Fasyi, M.C. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Ngoto Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Yogyakarta
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran.. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pmbelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1): 323-330.
Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Primam Edukasia, 5(1), 11–21.
Hayaturrohmah, S., Alpusari, M., dan Guslinda. (2022). Pengaruh Media Video Animasi Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educhild (Pendidikan dan Sosial), 11(2): 65-69.
Kristanto, A. (2010). Pengembangan Model
Media Video Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Media Video/TV Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Jurnal Teknologi Pendidikan, 11:12-22
Kurniawan, T. D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 21–26. https://core.ac.uk/reader/230377630
Lubis, S.P.W. (2017). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Beajar Siswa Kelas XII. Jurnal DEDIKASI, 1(2): 169-174.
Mauliana, E. Andzani, K. Annisa, RW. Martini, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Pembelajaran Ipa Pada Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 287–298. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/4361
Nurwinda., Khaedar, M., Cayati., Fitriana, E. (2012), Pengaruh media Video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 188 Tanrongi Kabupaten Wajo. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1): 36-44.
Sadiman, A, Rahardijo,R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanaky. (2009). Media pembelajaran. Yogyakarta: Safaria Insania Pres. Dwiyanti, R. (2013). Prosiding Seminar Nasional Parenting. Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Moral Anak (Kajian Teori Kohlberg), 161-169. Yogyakarta.