Salah satu teknologi yang dapat digunakan dalam dunia pendidikan ialah media power
point. Media power point sangat tepat untuk materi yang sangat komplek yang tidak dapat
dipandang secara langsung, dengan media media power point tersebut dapat ditampilkan seolaholah
nyata dengan menampilkan gambar maupun menyisipkan video. Tujuan penelitian ini
ialah untuk Pengaruh Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
Negeri 6 Satu Atap Sintang, dengan sampel siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan
metode kuntitatif dengan bentuk Penelitian pre-eksperimen dengan tipe one group pretestposttest.
Alat pengumpulan data menggunakan soal tes. Kegiatan penelitian ini dimulai dengan
persiapan penelitian, pemberian tindakan dan pembuatan laporan hasil penelitian. Hasil belajar
siswa terjadi peningkatan dengan menggunakan media power point. Hal ini dibuktikan dengan
nilai hasil belajar siswa yang menerapkan media power point mendapatkan nilai hasil belajar
lebih tinggi dibandingkan sebelum digunakannya media power point. Hasil penelitian kemudian
dianalis dengan teknik analisis data statistik non parametrik. Hasil belajar siswa diperoleh nilai
rata-rata pre-test: nilai rata-rata siswa 54,66 dengan standar deviasi 13,22. Sedangkan posttest
68,67 dengan standar deviasi 15,92. Rata-rata skor post-test lebih besar dari pre-test.
Dengan demikian rata-rata hasil belajar siswa pada post-test lebih baik dari pre-test. Hal ini
diperkuat dengan melakukan hasil pengujian hipotesis secara statistik dengan menggunakan
uji U Mann –Whitney dengan α = 0,05 diperoleh Zhitung>Ztabel yaitu 17,71> 1,64, berarti Ha diterima.