Model pembelajaran kooperatif tipe scramble merupakan model pembelajaran yang
menekankan kerja sama dalam kelompok kecil menggunakan kartu soal dan jawaban, yang
mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep
dengan cara menyusun huruf-huruf yang disusun secara acak sehingga membentuk suatu
jawaban/pasangan konsep. Sedangkan media teka-teki silang digunakan untuk mempermudah
proses pembelajaran di kelas, sehingga dapat membangunkan saraf-saraf otak yang
memberikan efek menyegarkan ingatan sehingga fungsi kerja otak optimal. Tujuan penelitian
yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantu media
teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur bumi dan dinamikanya di
kelas VII SMP Negeri 2 Sintang Tahun Pelajaran 2017. Motode penelitian ini menggunakan
metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian adalah pre- eksperimental design, dengan desain
pretest-posttest design.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes
tertulis yaitu berupa tes hasil belajar, teknik dokumentasi dalam penelitian yaitu berupa fotofoto
serta nilai yang berkaitan dengan hasil belajar siswa. Data hasil belajar di analisis
menggunakan uji t. Data pada taraf signifikansi 5 % diperoleh nilai thitung 12,92 > ttabel 1,994 yang
berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantu media tekateki
silang terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe scramble berbantu media teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa berada pada kriteria
besar pengaruhnya dengan nilai (d) yaitu 1,89.