Permasalahan pembelajaran Biologi di SMPN 3 Pujut yaitu pembelajaran kurang
efektif sebab guru hanya menggunakan metode ceramah dan model pembelajaran yang
digunakan tidak beragam hal ini akan berpengaruh terhadap rendahnya kemampuan
berkomunikasi dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan
metode Artikulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
berkomunikasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII 1 SMPN3 Pujutdengan penggunaan
metode pembelajaran Artikulasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa
lembar observasi dan lembar tes. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan kemampuan
berkomunikasi dan hasil belajar dengan hasil persentase kemampuan berkomunikasi siswa
pada siklud I sebesar 42% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 92% yang
berkategori sangat aktif. Sedangkan persentase untuk ketuntasan belajar siswa yang didapatkan
dari hasil evaluasi pada siklus I adalah 82,75% yang berkategori tidak tuntas secara ketuntasan
klasikal, serta persentase untuk hasil evaluasi siklus II adalah 93,10% yang berarti tuntas
secara ketuntasan klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan metode
pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar
biologi siswa kelas VIII 1 SMPN 3 Pujut tahun pelajaran 2012/2013.