PENGEMBANGAN E-KETANTAS (E-MODULBERMUATAN KESADARAN KEBERLANJUTAN DAN KREATIVITAS) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Main Article Content
Zulkarnaen
Novia Utami
Sindanita Yulianty
Rifki Survani
Kesadaran keberlanjuan terhadap pelestarian lingkungan harus dibina sejak dini agar menjadi kebiasaan positif bagi tumbuh kembang generasi penerus bangsa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan E-modul bermuatan kesadaran keberlanjutan dan kreativitas (E-Ketantaas) pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation yang kemudian dirincikan menjadi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Setelah dilakukan penelitian dan pengembangan E-Ketantas didapatkan hasil berupa: tahap analisis, peserta didik mengalami pembelajaran yang monoton, belum mengenal konsep kesadaran keberlanjutan, dan belum mampu memunculkan kreativitas. Pada tahap desain E-Ketantas, dibuatkan desain yang mampu merancang pembelajaran yang tidak monoton dan mampu memunculkan konsep kesadaran keberlanjutan dan kreativitas serta disesuaikan dengan materi perubahan lingkungan. Pada tahap pengembangan, E-Ketantas layak diterapkan pada materi perubahan lingkungan dengan menyelaraskan pada konsep kesadaran keberlanjutan dan kreativitas. Pada tahap pelaksanaan, E-Ketantas dapat digunakan dalam pembelajaran karena setelah dilakukan uji respon, peserta didik tidak merasa kesulitan dalam menggunakannya. Pada tahap evaluasi, E-Ketantas dapat memuat berbagai sumber belajar, termasuk video. E-Ketantas dapat diterapakan dengan optimal pada sekolah yang terbiasa menggunakan pendekatan student center, model Discovery Learning, metode belajar diskusi, dan media pembelajaran multimedia interaktif.
Ahmad, D. N., Astriani, M. M., Alfahnum, M., & Setyowati, L. (2021). Increasing creative thinking of students by learning organization with steam education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 103–110. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.27146
Alemdag, E., & Cagiltay, K. (2018). A systematic review of eye tracking research on multimedia learning. Computers & Education, 125(1), 413–428.
Ambiyar, & Jainus, M. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.
Baierl, T. M., Bonine, K., Johnson, B., & Bogner, F. X. (2021). Biosphere 2 as an informal learning platform to assess motivation, fascination, and cognitive achievement for sustainability. Studies in Educational Evaluation, 70(August 2020), 101061. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101061
Bezeljak, P., Scheuch, M., & Torkar, G. (2020). Understanding of sustainability and education for sustainable development among pre-service biology teachers. Sustainability (Switzerland), 12(17). https://doi.org/10.3390/SU12176892
Blyznyuk, T. (2019). Formation of Teachers’ Digital Competence: Domestic Challenges and Foreign Experience. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 5(1), 40–46. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46
Dietrich, A. (2019). Types of creativity. Psychonomic Bulletin and Review, 26(1), 1–12. https://doi.org/10.3758/s13423-018-1517-7
Hafizah Ghany. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Sekolah Dasar. Jurnal Madaniyah, 8(2), 189–202. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/120%0Ahttps://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/97
Hidayati, N., & Irmawati, F. (2019). Developing digital multimedia of human anatomy and physiology material based on STEM education. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 497–510. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.8584
Kennedy, M. J., Hirsch, S. E., Dillon, S. E., Rabideaux, L., Alves, K. D., & Driver, M. K. (2016). Using Content Acquisition Podcasts to Increase Student Knowledge and to Reduce Perceived Cognitive Load. Teaching of Psychology, 43(2), 153–158.
Kippers, W. B., Poortman, C. L., Schildkamp, K., & Visscher, A. J. (2018). Data literacy: What do educators learn and struggle with during a data use intervention? Studies in Educational Evaluation, 56(September 2017), 21–31. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2017.11.001
Kurniawan, S. B., Said, N. S. M., Imron, M. F., & Abdullah, S. R. S. (2021). Microplastic pollution in the environment: Insights into emerging sources and potential threats. Environmental Technology and Innovation, 23, 101790. https://doi.org/10.1016/j.eti.2021.101790
Malhotra, R., & Verma, N. (2020). An impact of using multimedia presentations on engineering education. Procedia Computer Science, 172, 71–76. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.011
Muslim, S., Gitama, N. P., Suprianto, B., Rahmadyanti, E., & Kusumawati, N. (2018). Influence of learning media based on adobe flash professional to psychomotor domain learning outcomes on plc courses viewed from level of creative thinking student. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(3), 267. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i3.21552
NCCA. (2018). Education for Sustainable Development: A study of opportunities and linkages in the primary and post-primary curriculum National Council for Curriculum and Assessment. June, 68–71. https://ncca.ie/media/3573/esdreport_final_june2018.pdf
Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, M. M. (2020). Developing Web-Assisted Interactive Media to Improve Mathematical Creative-Thinking Ability. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 211–226. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6505
Raible, J. (2014). Creating Ebooks Using Open Source Tools. FDLA Journal, 1(2).
Robert Maribe Branch. (2020). Instructional Design. In Encyclopedia of Creativity, Invention, Innovation and Entrepreneurship (pp. 1421–1421). Springer ScienceþBusiness Media. https://doi.org/10.1007/978-3-319-15347-6_300893
Saptenno, M. J., Saptenno, L. B., & Timisela, N. R. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kesadarana Masyarakat Pesisir Terhadap Pengelolaan Sampah di Perairan Teluk Ambon Kota Ambon. Jurnal Ilmu Lingkungan, 20(2), 365–374. https://doi.org/10.14710/jil.20.2.365-374
Sukenda, Anjani, M., & Yustim, B. (2019). Learning media for biology subject based on multimedia in junior high school level. Universal Journal of Educational Research, 7(4), 43–51. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071407
Widiansyah, A. T., Indriwati, S. E., Munzil, M., & Fauzi, A. (2018). I-invertebrata as an android-based learning media for molluscs, arthropods, and echinoderms identification and its influence on students’ motivation. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(1), 43–52. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i1.5476
Widodo, A. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. In UPI Press (Vol. 53, Issue 9).
Zhou, B., & Li, X. (2021). The monitoring of chemical pesticides pollution on ecological environment by GIS. Environmental Technology and Innovation, 23, 101506. https://doi.org/10.1016/j.eti.2021.101506