MANAJEMEN KELAS DAN ASESMEN PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK KELAS ASISTENSI MENGAJAR KAMPUS MERDEKA
Main Article Content
Daniel Dike
Lusila Parida
Penelitian ini bertujuan mengkaji penguatan kompetensi calon guru Biologi melalui kegiatan asistensi mengajar dalam program Kampus Mengajar (KM) Angkatan 7 sebagai bagian dari implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Kapuas. Penelitian ini didasari oleh kebutuhan peningkatan kesiapan pedagogis, manajemen kelas, asesmen, dan literasi digital calon guru dalam menghadapi dinamika pendidikan abad ke-21. Metode Penelitian menggunakan studi kasus eksploratif melalui observasi, studi dokumentasi, dan refleksi kegiatan mahasiswa di sekolah mitra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa tidak hanya mengimplementasikan keterampilan mengajar melalui praktik microteaching, tetapi juga aktif dalam pengembangan program literasi, penguatan karakter, adaptasi teknologi, serta asesmen berbasis kompetensi. Kompetensi manajemen kelas terlihat dari perencanaan ruang belajar, pembiasaan rutinitas, dan penggunaan media digital. Mahasiswa juga menunjukkan kemampuan dalam menyusun dan melaksanakan asesmen diagnostik, formatif, sumatif, serta (Asesmen Komptensi Minima atau AKM) di bidang literasi, numerasi dan karakter. Penelitian ini menekankan pentingnya integrasi teori dan praktik lapangan dalam menyiapkan guru profesional sehingga disarankan dalam pembelajaran Biologi para mahasiswa wajib diberikan penguatan program microteaching berbasis kasus nyata, pelatihan asesmen digital, serta pengembangan kurikulum berbasis kebutuhan sekolah mitra dan perkembangan teknologi pendidikan.
Achmad, Widya Karmila Sari., & Unga Utami. 2023. “Sense-Making of Digital Literacy for Future Education Era: A Literature Review.” Jurnal Prima Edukasia 11(1):47–53. doi: 10.21831/jpe.v11i1.52911.
Anadiroh, Manapiah. 2019. “Studi Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah.
Asis, Abdul. 2021. “Roadmap Pendidikan Nasional 2020-2035: Arah Masa Depan Pendidikan Nasional.” Suyanto.Id. Retrieved March 27, 2023 (https://suyanto.id/roadmap-pendidikan-nasional-2020-2035-arah-masa-depan-pendidikan-nasional/).
Berliana, Dinda, and Cucu Atikah. 2024. “Implementasi Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Di Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Citra Pendidikan 4(1):1343–1332.
Brookhart, Susan M. 2017. Effective Feedback How to Give ASCD. 2nd ed. Aleksandria: Librar y of Congress Cataloging-in-Publication Data.
Candls. 2019. “Teaching as a Process.” Georgetown University, January, 1–2.
Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Terjemahan. edited by S. . Soectjipto, H.P.,& Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Denzin, Norman K., and Yvonna S. Lincoln. 2011. The Sage Handbook of Qualitative Research. SAGE Publications.
Dike Daniel & Parida Lusila. 2020. “The Micro Leadership Strategy of the Principal to Implementing Character Education in Elementary School.” Prima Edukasia 8(1):50–62.
Dike, Daniel, and Lusila Parida. 2019. “Hexagonal Management Kelas Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 7(1):35–49. doi: 10.21831/amp.v7i1.23268.
Direktorat PAUD, Dikdas dan Dikmen. 2021. Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: repositori.kemdikbud.go.id.
Faizal Djabidi. 2017. “Manajemen Penggelolaan Kelas.” 1–180.
Favian Dewanta, et. al. 2022. “Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Aircraft-Electrical Peserta-Didik.” Jurnal Penelitian Pendidikan 22(2):198–216. doi: 10.17509/jpp.v22i2.51032.
Fitriyani, Y., Surya, E., & Syahputra, E. 2021. “The Effectiveness of Technology-Assisted Learning in Mathematics on Students’ Higher Order Thinking Skills.” Journal of Education and Practice 12(3):87–94.
Fullan Michael, et. a. 2022. New Peadagogy for Deep Learning: Leading Transformation in Schools, Districts and Systems. California.
Hariyadi, A., & Suprianto, A. H. 2023. “Konstruktivisme Dan Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Modern 5(1):12–20.
Ilmawati Fahmi Imron, 2022. “Improving the Ability to Analyze Social Phenomenon with Interdisciplinary Approach of the Group Investigation Model.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara Vol 7(2):281–94.
Ismail, Feiby. 2016. “Implementasi Total Quality Management (TQM) Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Iqra 10(2):1–16.
Jonison, et.all. 2024. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Kecamatan Ambalau Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Studi Kasus Di SDN 2 Ambalau Dan SDN 3 Kemangai ).” VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 15(November):476–90.
Kemendikbud. 2021. Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum Kemendikbud RI.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. 2018. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 4th ed. London: Sage Publications.
Mojca Kukanja Gabrijelčič, et. al. 2021. “Teacher’s Social and Emotional Competences: A Study among Student Teachers and Students in Education Science in Slovenia.” European Journal of Educational Research 10(3):1199–1213.
Nuryati, Ni Wayan, Ib Gede, Surya Abadi, Rini Kristiantari, Jurusan Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Suryaabadi31@yahoo Co Id, and Rini_Bali@yahoo Co Id. 2014. “Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Berbasis Lingkungan Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V.” Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD 2(1).
OECD. 2019. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD.
Organization for Economic Co-operation and Development. 2019. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD.
Paris, Django. 2012. “Culturally Sustaining Pedagogy: A Needed Change in Stance, Terminology, and Practice.” Educational Researcher 41(3):93–97.
Putri, Ade Ayu Anjelina, Ign Wayan Swatra, and I. Made Tegeh. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Siswa Kelas III SD.” Journal for Lesson and Learning Studies 1(1):21–32.
Putri, Riska. 2024. “Inovasi Pendidikan Dengan Menggunakan Model Deep Learning Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik (JPKP) 2(2):69–77.
Qalbi, Syifa Ul, and Yaya Sunarya. 2023. “Motivasi Guru Honorer Pendidikan Profesi Guru Terhadap Pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 6(2):422–33.
Rossa Ayuni, Suharmi, Indra Nur Rhomadoni. 2024. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa.” Edunomia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi 4(2):167–76.
Sampaio, Alcínia Zita. 2018. Building Information Modeling (BIM) Applications in an Education Context. Vol. 10864 LNCS.
Setiaji, Bayu Pratama. 2017. “Peran Kebudayaan dalam Pendidikan.” Universitas Lambung Mangkurat 1(1):1–7.
Shodikin, A, et.all. 2023. “Students’ Analogical Reasoning in Solving Geometry Problems Viewed from Visualizer’s and Verbalizer’s Cognitive Style.” … Dan Pembelajaran 6(3):330–38.
Steins, Gisela, Anna Haep., & Katharina Wittrock. 2015. “Technology of the Self and Classroom Management: A Systematic Approach for Teacher Students.” Creative Education 06(19):2090–2104. doi: 10.4236/ce.2015.619213.
Suastra, J., Ristiati., & Yasmini. 2017. “Developing Characters Based on Local Wisdom of Bali in Teaching Physics in Senior High School.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 6(2):306–12. doi: 10.15294/jpii.v6i2.10681.
Sucipto., & Muhammad Fatihin. 2024. “Participatory Learning for Rural Community Empowerment.” Jurnal Ilmu Pendidikan 30(1):69. doi: 10.17977/um048v30i1p68-78.
Taufiqi. 2016. Hypnoteaching and Hypnotherapy for Brilliant Kids. Malang: Media Sutra Atig.
Wood, Craig Anthony. 2017. “My Story of Sal: A Critical Self-Reflective Autoethnography Revealing Whiteness in the Classroom.” International Journal of Multicultural Education 19(1):41–59.
Yada, Akie, and Hannu Savolainen. 2017. “Japanese In-Service Teachers’ Attitudes toward Inclusive Education and Self-Efficacy for Inclusive Practices.” Teaching and Teacher Education 64. doi: 10.1016/j.tate.2017.02.005.
Yin, Robert K. 2009. Case Study Research: Design and Methods. 5th ed. California: Sage Publications, Inc.