ANALISIS HASIL EVALUASI BELAJAR DAN RESPON SISWA SMP TERHADAP PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN
Main Article Content
Widyastuti Asy Syaffa
Tabitha Sri Hartati Wulandari
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran dan tanggapan siswa di SMP Negeri 5 Tuban mengenai penggunaan website google form sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran IPA terutama pada topik bioteknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pembuatan soal evaluasi menggunakan google form yang dibagikan secara online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa dalam kegiatan evaluasi mencapai angka yang sangat memuaskan. Selain itu, pemanfaaatan website google form sebagai alat evaluasi dalam proses pembelajaran berhasil memberi respon positif siswa dengan persentase 39,5% sangat setuju, 46,5% setuju, 9,3% kurang setuju, dan sebanyak 4,7% tidak setuju. Siswa menilai bahwa dengan google form pembelajaran menjadi semakin mudah, karena siswa dapat langsung melihat hasil capaian evaluasinya. Sedangkan bagi guru, penggunaan google form sebagai alat evaluasi juga lebih efektif saat melakukan penilaian, baik dari segi waktu, tenaga, maupun biaya. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa google form bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menilai suatu proses pembelajaran di sekolah.
Abdurrahman, M., Siswayani, P., & ... (2020). Merancang tes daring berbasis Google form untuk meningkatkan kefektifan evaluasi pembelajaran. Digilib UIN Sunan …, 2–3. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30576/
Akbar, Amin, & Noviani, Nia. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.
Amelia, Nurul, & Aisya, Nadia. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912
Anwar, Khoirul. (2021). Urgensi Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1), 108–118. https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4183
Aryanti, Nyoman, Ni Sri. (2021). Efektifitas Google Form Sebagai Media Evaluasi Di Masa Pandemi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 329–342. Retrieved from http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta
Asrul, Sarigih, Abdul Hasan, & Mukhtar. (2022). Evaluasi Pembelajaran. In Perdana Publishing. Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Assidiqi, Muhammad Hasbi, & Sumarni, Woro. (2020). Pemanfaatan platform digital di masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519
Batubara, Hamdan Husein. (2016). Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. 8(2).
Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Bulan, Sri, & Zainiyati, Husniyatus Salamah. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 8(1), 15–34. https://doi.org/10.21093/sy.v8i1.2300
Hanyfah, Siti, Fernandes, Gilang Ryan, & Budiarso, Iwan. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Irsan Harlin, Muhammad Siri Dangnga, Buhaerah, Hamdanah, & Muh. Akib. (2024). Pemanfaatan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK YPPP Wonomulyo : The Utilization of Google Form as an Evaluation Tool for Islamic Education Learning in SMK YPPP Wonomulyo . Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(1 SE - Articles), 58~74. Retrieved from https://www.jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/IQRA/article/view/3907
Lestari, Wiwin Indah, & Putra, Eric Dwi. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–141. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379
Mardiana, Tria, & Wiyat Purnanto, Arif. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. The 6th University Research Colloqium, 183–188.
Miftha Huljannah. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2(2), 164–180. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157
Nadya Putri Mtd, Muhammad Ikhsan Butarbutar, Sri Apulina Br Sinulingga, Jelita Ramadhani Marpaung, & Rosa Marshanda Harahap. (2023). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 249–261. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.722
Neni Isnaeni, & Dewi Hildayah. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69
Nurlianti, Siska. (2019). Analisis Respon Terhadap Penggunaan Google Form Sebagai Instrumen Penilaian Kognitif di SMPS Anak Bangsa. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Setya Utami, Lina Wahyu. (2021). Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi C0Vid-19. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150–156.
Wulandari, Pitri, Maswani, & Khotimah, Husnul. (2019). Google Form Sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran Di Sman 2 Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 421–425. Retrieved from https://accounts.google.com/signup.