PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS POTENSI LOKAL PERKEBUNAN KAHYANGAN JEMBER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP
Main Article Content
Umi Zahrotul Farhani
Ulin Nuha
Rusdianto Rusdianto
Pengembangan e-modul IPA berbasis potensi lokal Perkebunan Kahyangan Jember untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas e-modul IPA berbasis potensi lokal Perkebunan Kahyangan Jember untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP. Pemanfaatan potensi lokal Perkebunan Kahyangan Jember dimaksudkan untuk memberikan gambaran nyata kepada siswa tentang materi, sehingga siswa lebih mudah memahaminya melalui contoh-contoh yang ada di sekitarnya. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Panti kelas VII E tahun ajaran 2024/2025. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa e-modul IPA berbasis potensi lokal Perkebunan Kahyangan Jember dinyatakan sangat valid dengan skor 91,06% yang diperoleh dari validasi e-modul oleh tiga orang ahli. Kepraktisan penggunaan e-modul menunjukkan kriteria sangat praktis dengan skor 90% yang diperoleh dari penilaian lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan e-modul menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pretest dari 49 menjadi 85 pada posttest, dengan hasil perhitungan N-gain sebesar 0,70 berada pada kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian e-modul IPA berbasis potensi lokal Perkebunan Kahyangan Jember valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP.
Kata Kunci: e-modul, keterampilan proses sains, potensi lokal
Adhim, M. F., & Arianto, F. (2020). Pengembangan E-Modul Citra Bitmap untuk Siswa Kelas XI Multimedia di SMK INFORMATIKA “SUMBER ILMU” TULANGAN. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(21), 1–8.
Ahmat Fatoni Rizal, Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa. Koordinat Jurnal MIPA, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i2.26
Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607
Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49–60. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/24628
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Hartati, H., Azmin, N., Nasir, M., & Andang, A. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5795–5799. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1190
Idham, A. Z., & Sunarti, T. (2024). Analisis Hasil Riset Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. 13(1), 63–69.
Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934
Istiqoma, M., Nani Prihatmi, T., & Anjarwati, R. (2023). Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Mandiri. Prosiding SENIATI, 7(2), 296–300. https://doi.org/10.36040/seniati.v7i2.8016
Jumaniar, J., Rusdianto, & Ahmad, N. (2024). Pengembangan E-Modul Berbantuan Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Proses SAINS Siswa SMP. Jurnal Basicedu, 8(2), 1094–1104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7232
Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Purtadi, S., Suyanta, S., & Rohaeti, E. (2023). Science Process Skills as Learning Outcomes in Inquiry-Based Learning: A Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 1403–1414. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.4774
Rahmatullah, R. (2024). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Imam Nawawi Analysis of Science Process Skills of Imam Nawawi Junior High School Students. Harati – Journal of Science Education, 1(1), 1–5.
Raqzitya, F. A., & Agung, A. A. G. (2022). E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Sumber Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 108–116. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/41590
Robiatul, L., Setiono, S., & Suhendar, S. (2020). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Ekosistem. Biodik, 6(4), 519–525. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.10295
Sahil, J., Haerullah, A., Hasan, S., & Majid, I. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Kelas X SMA Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal Menggunakan Aplikasi Canva Design. Edukasi, 21(3), 592–605. https://doi.org/10.33387/j.edu.v21i3.6747
Santiawati, S., Yasir, M., Hidayati, Y., & Hadi, W. P. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Negeri 2 Burneh. Natural Science Education Research, 4(3), 222–230. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8435
Sarah, S., & Maryono. (2014). Keefektifan pembelajaran berbasis potensi lokal dalam pembelajaran fisika SMA dalam meningkatkan living values siswa. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 02(01), 6–13.
Tyas, R. A., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2020). Pengaruh pembelajaran IPA berbasis discovery learning terintegrasi jajanan lokal daerah terhadap keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 114–125. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.28459
Wahyuni, S., Wulandari, E. U. P., Rusdianto, Fadilah, R. E., & Yusmar, F. (2022). Pengembangan Mobile Learning Module Berbasis Android Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa Smp. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 125–134. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.266
Wijayanti, T. F., & Antika, R. N. (2024). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Kebutuhan Bahan Ajar : Studi Kasus Mata Kuliah Asesmen Pembelajaran Biologi. 6(2), 1806–1813.
Zaputra, R., Festiyed, F., Adha, Y., & Yerimadesi, Y. (2021). Meta-Analisis: Validitas Dan Praktikalitas Modul Ipa Berbasis Saintifik. Bio-Lectura, 8(1), 45–56. https://doi.org/10.31849/bl.v8i1.6039

