PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 MUDAL TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Main Article Content
Fiska Arifiana Salma
Sri Jumini
Ngatoillah Linnaja
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest. lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Mudal. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas IV dengan jumlah siswa 30. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 10 yang diujikan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji kesukaran, uji daya beda. Hasil nilai pretest posttest berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis uji t test pada penelitian diperoleh thitung 9,031532 > ttabel 2,04523maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perhitungan psikomotorik siswa didapat dengan hasil 17-20 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan peenelitian terdapat pengaruh pembelajaran IPA terhadap psikomotorik siswa setelah metode demonstrasi dilaksanakan.
Apsari, N., & Sastiawati, S. (2021). Kemampuan Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Inkuiri. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 37–45. https://doi.org/10.46368/jpd.v9i1.344
Arsih, R. J. M., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi Dengan Media Konkrit Terhadap Pemahaman Konsep Gerak Benda. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 91–100. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.72
Astatik , sri jumini, salis irvan fuadi. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan. Jurnall Inovasi Pendidikan, 6(1), 52–61. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285
Chaeroh, M., Rahma Rista Utami, N., & Jumini, S. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dan Pembagian melalui Metode Demonstrasi dengan Media Tali PAS pada Siswa Kelas II Semester Genap Sekolah Dasar Negeri Gentan 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelaj. Social Science Academic, 1(2), 173–192. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3504
Ihsanudin, A. M., & Suwartini, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Pokak Tahun Pelajaran 2023 / 2024. 1(4).
Indonesia, K. P. dan K. R. (2020). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. In 2020 (pp. 2011–2013).
Jumini S, Sutikno S.T., Cahyono, E., & Parmin,S.P (2022). IPA Terpadu Berbasis Scincetechnopreneurship. indonesia: Mangku Bumi.
lia piurnama sari, Febriana Hastini Nasution, R. S. S. N. (2020). Efektivitas Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa (pp. 27–35). https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/SENAR/article/view/632/1035
luciana hermin winingsih et, al. (2020). Penguatan Ranah Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar. In Pusat Penelitiaan Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pembukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Pawe, Y. M. P., Yitu, A. M., Ndana, M. Y., Wea, H. A., Lawe, Y. U., & Noge, M. D. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Yang Menyenangkan Melalui Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iii Sd. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 73–81. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1543
Patimapat, M., Duda, H. J., & Supiandi, M. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Siswa. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 09–20. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.366
Tika Syafya Ananda, Supriadi Supriadi, Iswantir Iswantir, & Ulva Rahmi. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Topik Bahasan Berbasis Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas X Di Man 2 Kota Payakumbuh. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 87–103. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.512
Yuliantika, D. (2022). Implementasi Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam dalam Penguatan Kualitas Psikomotorik Siswa. SEARCH: Science Education Research Journal, 1(1), 12–22.