PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERNAFASAN MELALUI MODEL PBL KELAS VI SD NEGERI SUMURGUNG 1 TUBAN
Main Article Content
Try Bulan Septia Rahmawati
Wendri Wiratsiwi
Studi ini didasarkan oleh kurangnya hasil belajar IPA kelas VI UPT SD Negeri Sumurgung 1. Jenis studi yang dilaksanakan oleh peneliti ialah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Tujuan dari studi ini adalah guna memperbaiki hasil belajar siswa kelas VI di bidang studi IPA khususnya pada materi pernafasan dengan model pembelajaran Problem Basec Learning. Subjek dari studi ini ialah murid kelas VI tahun pelajaran 2024/2025, yang sebanyak 12 murid. Metode pengumpulan data dilaksanakan berbentuk tes. Prosedur penelitian ada beberapa tahap:1. perencanaan tindakan, 2. pelaksanaan tindakan, 3. observasi dan interpretasi, dan 4. analisis dan refleksi yang dilakukan pada dua siklus. Mengacu temuan penelitian, dinyatakan bahwa model Problem Based Learning bisa memperbaiki hasil belajar murid. Hal ini bisa diketahui pada siklus I nilai rerata kelas senilai 72,50 dengan ketuntasan sebanyak 7 siswa disertai persentase ketuntasan klasikal (58,33%) serta di siklus II ada kenaikan angka rerata kelas senilai 84,16 dengan ketuntasan sebanyak 10 siswa dengan persentase 83,33%. Dengan demikian bisa dinyatakan pengaplikasian model Problem Based Learning bisa memperbaiki hasil belajar murid di bidang studi IPA materi pernafasan.
Ariyanto, M., Fkip, P., Kristen, U., & Wacana, S. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KENAMPAKAN RUPA BUMI MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE. PROFESI PENDIDIKAN DASAR, 3(2), 134–140.
Dasar Negeri Supat, S. I. (2020). PERAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR Harlina 1) Ratu Wardarita 2) 1). In Jurnal Bindo Sastra (Vol. 4, Issue 1). http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index
Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, & Ratna Sari Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan (Vol. 4). http://repo.iain-
Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., Sudrajat, K. S., Pendidikan, ), Sekolah, G., Fkip, D., & Surakarta, U. M. (2017). REFLEKSI PENDIDIKAN IPA SEKOLAH DASAR DI INDONEìSIA (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah dasar). PROFEìSI PENDIDIKAN DASAR.
Fajri Annur, Y., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER DAN ETIKA DALAM PENDIDIKAN.
Faliqulhusna, D., Artharina, F. P., & Rahayu, L. P. (2024). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPAS Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SD. Jurnal Sinektik, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.33061/js.v7i1.10666
Fauziah Nasution, Lili Yulia Anggraini, & Khumairani Putri. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal EDUKASI NONFORMAL.
Kosim Kosim. (2018). Efektivitas Penggunaan Metode Pengertian Organisasi Meningkatkan Hasil Beìlajar PKN Kelas V SDN I Dukuhmaja pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan.
Laurensius Dihe Sanga, & Yvonneì Wangdra. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. PROSIDING SEMINAR ILMU SOSIAL & TEKNOLOGI.
Momidu Guru SMA Negeri, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Beìlajar IPA Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 687(2). https://doi.org/10.37905/dikmas.2.2.687-694.2022
Nur Latifah, Marini, A., & Maksuìm, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2), 42–51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051
Nurdin, Hs., & Profesional Dan Peneìlitian, G. (2016). GURU PROFISIONAL DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Vol. 1, Issuìeì 1).
Prayunisa, F., & Marzuki, A. D. (2023). ANALISIS KESULITAN GURU IPA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP DAN SD. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 268–275. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i2.894
Sakila, R., faridah Lubis, N., Asriani, D., Pendidikan Kimia, P., Pendidikan Tapanuli Selatan, I., & Pendidikan Fisika, P. (2023). PENTINGNYA PERANAN IPA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. https://juìrnal.spada.ipts.ac.id/indeìx.php/adam
Seìptiani, M., & Irawan Zain, M. (2024). Peìngeìmbangan Meìdia Peìrmainan Uìlar Tangga Beìrbasis Keìarifan Lokal uìntuìk Meìningkatkan Hasil Beìlajar IPAS Siswa Keìlas IV. Jouìrnal of Classroom Action Reìseìarch, 6(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.7248

