PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA NEGERI 1 KELAM PERMAI
Main Article Content
Model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match merupakan salah
satu strategi yang dapat dilakukan guru untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan,
meningkatkan antusias siswa untuk belajar aktif yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil
belajar siswa itu sendiri. Strategi pembelajaran ini memungkinkan siswa dapat belajar lebih
rileks disamping itu juga menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan
keterlibatan belajar diantara siswa. Tujuan penelitian yaitu ada dua, yang pertama untuk
mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan strategi index card match
terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X di SMA Negeri 1
Kelam Permai. Tujuan yang ke dua mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan
strategi index card match terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan
kelas X di SMA Negeri 1 Kelam Permai. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif. Bentuk penelitian adalah Quasi Experimental Design. Rancangan penelitian yaitu
nonequvalent control group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan
menggunakan tes tertulis yaitu berupa tes hasil belajar, teknik dokumentasi berupa gambar
penelitian dan foto serta dokumen nilai yang berkaitan dengan hasil. Data analisis dengan
menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung 5,764 > ttabel 1,994. artinya hasil
uji hipotesis thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel sehingga model pembelajaran kooperatif
dengan strategi index card match yang diterapkan pada kelas eksperimen dalam penelitian ini
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA
Negeri 1 Kelam Permai. Besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan strategi
index card match terhadap hasil belajar siswa yaitu (d) 0,78 (kategori pengaruh Sedang).