Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum berbasis PBL
terhadap kemampuan argumentasi tertulis siswa pada materi analisa vegetasi tumbuhan di
kelas X MIPA SMA N 1 Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi
Eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalen Control Group Design. Alat pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, soal tes hasil belajar siswa,
kemampuan argumentasi tertulis siswa, serta dokumentasi penelitian. Analisis data penelitian
menggunakan uji independen sampel t-tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai
thit 1,357 ÂÆ ttab 1,67 maka H0 diterima dan H1 ditolak maka tidak ada pengaruh terhadap hasil
belajar siswa. Hal ini juga dapat dilihat dari persentase rata-rata kemampuan argumentasi tertulis
siswa pada kelas kontrol berkriteria cukup dengan presentase 63% dan kelas eksperimen
juga berkriteria cukup dengan persentase 74,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa metode praktikum berbasis PBL tidak berpengaruh terhadap hasil belajar
dan kemampuan berargumentasi tertulis siswa.