Literasi visual adalah kemampuan untuk menerjemahkan berbagai bentuk visual.
Kemampuan ini diharapkan dimiliki oleh mahasiswa di suatu perguruan tinggi yang dituntut
untuk lebih terampil dan kreatif dalam mengemukakan ide dan gagasan di era literasi digital
saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi visual mahasiswa prodi
pendidikan biologi di Universitas Kapuas Sintang, Kalimantan Barat. Pengujian dilakukan
menggunakan teknik observasi langsung, teknik wawancara dan kuisoner untuk membantu
mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa dalam literasi visual. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa sebanyak 61,43 % mahasiswa mampu untuk membuat gambar visual berupa grafik
histogram dan chart saat melakukan presentasi power point serta mampu mengplikasikan
animasi bergerak yang sederhana sebanyak 60%. Namun, sebanyak 43,14% mahasiswa belum
mampu untuk melakukan editing video. Selain itu, sebanyak 60,58% mahasiswa sudah mampu
untuk menerjemahkan gambar dan mengungkapkan makna dari sebuah ilustasi gambar yang
merupakan komponen penting dalam literasi visual.