TARAF EKOLITERASI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS KAPUAS SINTANG
Main Article Content
Hendra Setiawan
Rachmi Afriani
lingkungannya. Ekoliterasi tidak hanya menekankan tentang teori tetapi juga mencakup aspek sikap,
keterampilan dan motivasi dalam menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui taraf
ekoliterasi mahasiswa pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kapuas
Sintang Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-April 2019 di
Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Kapuas Sintang. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif deskriptif dengan alat pengumpulan data berupa soal dan angket yang berkaitan dengan
aspek ekoliterasi. Pemilihan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Mahasiswa yang
dilibatkan dan menjadi sampel berjumlah 20 orang yang merupakan mahasiswa yang menempuh Mata
Kuliah Pengelolaan Sekolah Berwawasan Lingkungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa taraf
ekoliterasi mahasiswa pendidikan Biologi FKIP Universitas Kapuas Sintang tahun ajaran 2018/2019
berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 20% dan kategori sedang 80%. Tidak ada mahasiswa yang
digolongkan pada kategori rendah. Hal ini menunjukan bahwa pemahaman mahasiswa pendidikan
Biologi terhadap lingkungannya telah cukup baik. Taraf ekoliterasi ini merupakan modal dalam
membentuk karakter yang cinta dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.
Akom, A., Shah, A., Cruz, T. 2018. Building Smart,
Resilient Communities and Schools: Using
a Technology Platform to Transform the
Social Determinants of Education with our
Nation’s Most Vulnerable Populations.
Green Schools Catal Q.: 5(3): 22–39.
Anonim. 2018. Gelombang Panas di Jepang
Pecahkan Rekor, 77 Meninggal. Online :
tanggal akses 17 April 2019. BBC Online
tanggal 24 Juli 2018. http://www.bbc.com/
indonesia/dunia-44914302.
Bahrudin, MDF. 2017. Pelaksanaan Program
Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan
Karakter Peduli Lingkungan Di Sma Negeri
Pandeglang. Gea : Jurnal Pendidikan
Geografi, 17 (1) : 25-37.
Barnes, J.C. 2013. Awereness to Action : The
Journey Toward a Deeper Ecological
Literacy. Journal of Sustainability Education
Vol. 5, May 2013 ISSN: 2151-7452.
Campbell, N.A., Reece, J.B.,Urry, L.A., Cain,
M.L., Wasserman, S.A., Minorsky, P.V.,
Jackson, R.B. 2011. Biology 9th Ed. San
Francisco: Pearson Education, Inc.
De Dominicis, S., Schultz, PW, and Bonaiuto, M.
Protecting the Environment for Selfinterested
Reasons: Altruism Is Not the Only
Pathway to Sustainability. Front. Psychol.
:1065. doi: 10.3389/fpsyg.2017.01065.
Indrawan M, Primack RB, Supriatna J. 2007.
Biologi Konservasi. Jakarta: Yayasan Obor
Indonesia.
Edumedia : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Volume 3. Nomor 1, Mei 2019, hlm . 20 - 25
Iswari, RD., Utomo, SW. 2017. Evaluasi
Penerapan Program Adiwiyata Untuk
Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di
Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9
Tangerang Selatan dan MA Negeri 1
Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan, 15 (1):
-41, ISSN 1829-8907.
McBride, BB., Brewer, CA., Berkowitz, AR.,
Borrie, WT. 2013. Environmental literacy,
ecological literacy, ecoliteracy: What do we
mean and how did we get here? Ecosphere:
Synthesis and Integration, 4 (5) :67.
Muliana, A., Maryani, E., Somantri, L. 2017.
Ecoliteracy Level of Student Teachers
(Study toward Students of Universitas Syiah
Kuala Banda Aceh). IOP Conf. Series: Earth
and Environmental Science 145 (2018)
doi :10.1088/1755-1315/145/1/
Rusmawan, R. 2017. Ecoliteracy Dalam Konteks
Pendidikan IPS. SOSIO DIDAKTIKA:
Social Science Education Journal, 4 (2) :39-
Sloot, D., Kutlaca, M., Medugorac, V., Carman,
P. 2018. Recycling Alone or Protesting
Together? Values as a Basis for Proenvironmental
Social Change Actions.
Front. Psychol. 9:1229. doi: 10.3389/
fpsyg.2018.01229.
Sugiyono, S. 2016. Metode Penelitian Pendidikan
: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung : Penerbit Alfabet.