PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
Main Article Content
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi IPA (Biologi) kelas
VIII SMPN 3 Pujut, ditemukan bahwa siswa dalam mengikuti pelajaran IPA (Biologi) masih rendah.
Hal ini dapat dilihat dari : (1) Siswa masih kurang bertanya meski kenyataannya mereka belum
memahami penjelasan yang diberikan oleh guru, (2) Siswa hadir di kelas tidak dengan persiapan belajar,
hal ini dapat dilihat pada saat siswa diberi pertanyaan mereka hanya diam dan bila diberi tes secara
mendadak mereka menjadi tidak siap, (3) Diskusi antara siswa tidak berlangsung secara optimal. Oleh
karena itu, diperlukan adanya strategi yang tepat dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi
pembelajaran yang tepat yang dapat digunakan adalah strategi pembelajaran berbasis proyek. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa. Instrumen
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar tes. Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh data kenaikan presentase pencapaian ketuntasan belajar klasikal pada siklus
I 71,87% dan siklus II 93,75%, sedangkan persentase keterampilan sosial pada siklus I 70,83% dan
siklus II 91,66%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran Berbasis
Proyek menggunakan Lembar Kerja Siswa dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar
siswa kelas VIII SMPN 3.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, dkk. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Arikunto, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suprijono. 2009. Cooperative Learning.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.