MENINGKATKAN KINERJA GURU BINAAN DALAM PEMBELAJARAN DI KECAMATAN KAYAN HULU MELALUI LESSON STUDY
Main Article Content
Mohran mohran
Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran melalui lesson study.
Lesson study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang
dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Lesson study dilakukan
berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) perencanaan (plan); (b) pelaksanaan
(do); refleksi (check); dan tindak lanjut (act). Kinerja guru adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh
guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Tujuan dari evaluasi ini untuk mengukur sejauh
mana pengaruh lesson study terhadap kinerja guru. Metode yang digunakan adalah dengan menganalisis
indicator-indikator lesson study dan indikator-indikator kinerja guru. Manfaat yang yang dapat diambil
diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan
balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat meningkatkan kinerjanya, (4) guru dapat
mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson study. Kegiatan ini dilaksanakan
pada sekolah binaan yang dalam penilaian kinerja guru tahun 2016 belum mencapai kategori baik.
Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 70% dari subjek penelitian memiliki nilai kinerja baik atau
amat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Lesson study , tercapai peningkatan persentasi
guru yang bernilai baik. Guru yang mencapai kategori baik pada siklus I sebanyak 23%, menjadi 62%
pada siklus II dan menjadi 85% pada siklus III. Melalui Lesson study juga terjadi peningkatan nilai
rata-rata kinerja guru. Pada siklus I nilai rata-rata kinerja adalah 68,3 menjadi 73,5 pada siklus II,
dan menjadi 76,8 pada siklus III. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah melalui Lesson study dapat
meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran pada SD Binaan di Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten
Sintang.
Catherine Lewis (2004) Does Lesson Study Have
a Future in the United States?. Online :
http://www.sowi-online.de/journal/2004-1/
lesson_lewis.htm
Ditjen Dikdasmen. 2006. Panduan Pelaksanaan
Penelitian Kepala Sekolah dan Guru
SMP. Semarang:Satker Dinas Pendidikan
dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.
Hendayana, Sumar,dkk. 2006. Lesson Study (Suatu
Strategi Untuk Meningkatkan
Keprofesionalan Pendidik. Bandung:
Universitas Pendidikan Indonesia.
Slamet Mulyana. 2007. Lesson Study. Kuningan:
LPMP-Jawa Barat.
SMP Negeri 2 Rowokele. 2007. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP
Negeri 2 Rowokele. Dokumen KTSP.
Suharsimi Arikunto, dkk. 2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukirman. 2006. Peningkatan Keprofesionalan
Guru Melalui Lesson Study. PPPG
Kesenian Yogyakarta.
Tim Lesson Study.2007. Rambu-rambu
Pelaksanaan Lesson Study. Fakultas MIPA
Universitas Negeri Yogyakarta.