Penelitian ini bertujuan untuk menningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas Negeri 2
Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Role Playing.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, subyeknya adalah siswa kelas VII SMPN 2 Sungai
Tebelian yang berjumlah 32 orang.Faktor yang diamati adalah aktifitas guru dan siswa dalam
pembelajaran. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini mengikuti tahapan dalam PTK yaitu: (1)
Perencanaan; (2) Pelaksanaan tindakan; (3) Observasi; (4) Evaluasi dan (5) Refleksi. Analisis yang
digunakan adalah analisis kualitatif dalam bentuk persentase terhadap nilai rata-rata aktivitas dan
hasil belajar, yang disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran
IPS dengan menerapkan model pembelajaran role playing terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa
bila dibandingkan antara hasil test awal, post test siklus I dan post test siklus II. Pada hasil test awal
nilai rata-rata skor klasikal hanya sebesar 67,50 pada post test siklus I meningkat menjadi 73,30
(meningkat sebesar 5,80 poin) dan pada post test siklus II menjadi sebesar 80,00 (meningkat sebesar
6,70 poin dari siklus I). Pada siklus II pelaksanaan hasil evaluasi pembelajaran sudah mencapai nilai
rata-rata 80,00 (> 75) atau memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah, maka pembelajaran telah
mencapai indikator kinerja yang ditetapkan