Untuk meningkatkan mutu pendidikan telah dilakukan oleh berbagai pihak yang terkait
dengan pendidikan termasuk guru yang terlibat langsung dalam proses belajar mengajar, Oleh karena
itu guru dituntut untuk meningkatkan kualitas dirinya, seorang guru perlu teknik pembelajaran yang
menarik dan bervariasi. Model pembelajaran think talk write (TTW) adalah salah satu model
pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk berpikir aktif, berpatisipasi dalam pembelajaran
dengan baik, mampu mengemukakan pendapat, menghargai orang lain, dan melatih siswa untuk
menuliskan hasil diskusinya kedalam bentuk tulisan secara sistematis. Tujuan Penelitian ini untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk
Write (TTW). Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus
masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi
Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi dan pengukuran, Hasil penelitian bahwa siklus I
nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,5% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II
yaitu 83%, maka hasil belajar siswa mengalaami peningkatan sebesaar 10,8%. Kesimpulan Penerapan
model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkat hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri
1 Kelam Permai.