Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran pair cheks terhadap
hasil belajar siswa pada materi pemanasan global di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Sinar Kasih
2 Sintang tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experiment. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Sinar Kasih 2 Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 14 siswa sebagai
kelas eksperimen. Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus dan RPP, instrumen pengukuran
adalah soal tes pilihan ganda dan lembar observasi. Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif
tipe pair cheks ditinjau dari guru dan siswa dikatagorikan tinggi dengan presentase masing-masing
sebesar 90% dan 100%. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe pair cheks terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global di
SMP Sinar Kasih 2 Sintang. Faktor internal dan faktor eksternal diduga mempengaruhi hasil pengujian
yang dilakukan.