Metode pembelajaran karyawisata merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan guru
untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan antusias siswa untuk belajar
aktif yang akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri. Metode pembelajaran ini juga
dapat membuat siswa belajar lebih rileks disamping itu juga menumbuhkan tanggung jawab, kerja
sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar diantara siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh pengunaan metode pembelajaran karyawisata terhadap hasil belajar siswa pada materi
Ekosistem kelas X di SMA Negeri 1 Kelam Permai. Metode penelitian ini mengunakan metode
kuantitatif. Bentuk penelitian adalah Quasi Experimental Design. Rancangan penelitian yaitu
nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tes tertulis
yaitu berupa tes hasil belajar, teknik dokumentasi berupa gambar penelitian dan foto serta dokumen
nilai yang berkaitan dengan hasil. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung 3,857 > ttabel 1,670. Yang
artinya hasil hipotesis thitung lebih besar dibandingkan ttabel sehinga metode pembelajaran karyawisata
yang diterapkan pada kelas eksperimen dalam penelitian ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
pada materi ekosistem kelas X di SMA Negeri 1 Kelam permai. Besaran pengaruh pengunaan metode
karyawisata terhadap hasil belajar siswa yaitu (d) 0,2 (kategori pengaruh Kecil).