PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Main Article Content
Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan dalam
pembelajaran. Seorang peserta didik akan belajar dengan baik apa bila ada factor pendorongnya yaitu
motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui penerapan model pembelajaran koperatif
dengan media ular tangga dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.Jenis penelitian yang dilakukan
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus.Teknik pengumpulan data dengan
observasi keterlaksanaan RPP dan angket.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
observasi, lembar angket. Data hasil tes keterlaksanaan RPP pada siklus I pertemuan mencapai 73%
dengan kategori baik dan pertemuan kedua mencapai 93% dengan kategori sangat baik, sedangkan pada
siklus II pertemuan pertama mencapai 93% dengan kategori sangat baik dan pertemuan kedua mencapai
93% dengan kategori sangat baik. Hasil data angket kuesioner yang di bagikan kepada siswa pada siklus
I dengan data 3 siswa dengan kategori kurang termotivasi, 6 siswa dengan kategori cukup termotivasi, 7
siswa dengan kategori termotivasi dengan data klasikal mencapai 46% dan pada siklus II dengan data 9
siswa dengan kategori sangat termotivasi, 4 siswa dengan kategori termotivasi dan 2 siswa dengan kategori
cukup termotivasi dengan klasikal mencapai 86%. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan peneliti ini
adalah motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran koperatif
dengan media ular tangga.
Sandirman 2011 motivasi belajar PT. Grafindo
Suhardi, 2010 Penerapan Media Pembelajaran.
Yogyakarta: Pedagogia.
Suherman.2003 media pembelajaran.Jakarta :
rajawali press
Zuhdi, Ulhaq., dkk. 2010. Pengembangan
Perangkat Media Pembelajaran Ular
Tangga Digital Untuk Meningkatkan
Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris
(Vocabulary) pada Mahasiswa S-1
PGSD. Jurnal Pendidikan Wacana
Pendidikan Sekolah Dasar. Vol:06.
Hal:188-201