PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA
Main Article Content
Mistur -
Nurhadiah -
marzuki -
observe explain dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran predict observe explain terhadap
hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Sokan Tahun Pelajaran
2018/2019. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan metode penelitan kuantitatif dan bentuk
penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalen Control Group Design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sokan dan sampelnya adalah siswa kelas
XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Jumlah siswa yang menjadi
sampel sebanyak 65 orang. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah lembar observasi dan soal
tes kemampuan kognitif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran predict observe
explain dapat diterapkan dengan baik, dimana semua aspek pembelajaran terlaksana 100%. Model
pembelajaraan predict observe explain berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem
reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Sokan Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan kriteria berpengaruh
besar yang diketahui dari nilai effect size 1,10.
Liputo A.P.E.C, Ischak N.I, Suleman N. 2018.
Pengaruh Model Pembelajaran
Predict Observe Explain (POE)
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Materi Termokimia Suatu Penelitian di
MAN 1 Kabupaten Gorontalo.Jurnal
Entropi Volume 13, Nomor 2: 151-156.
Novitasari A.J. 2010.”Pengaruh Strategi Predict-
Observe-Explain (POE) Terhadap
Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa SMA
Pada Konsep Ekosistem”.Skripsi. Bandung:
UPI Bandung.
Rahayu, Innata K.A. 2015. Arif Widyatmoko, dan
Hartono. “Penerapan Strategi POE (Predic
Observe-Explain) dengan Metode
Learning Journals dalam Pembelajaran IPA
untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
dan Keterampilan Proses Sains”.Unnes
Science Education Journal, Volume 4 (3).
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV
Alfabeta.
Samudera V.M, Rokhmat J, Wahyudi.2017.
Pengaruh Model Pembelajaran Predict-
Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar
Fisika Siswa Ditinjau Dari Sikap
Ilmiah.Jurnal Pendidikan Fisika dan
Teknologi (ISSN.2407-6902.Volume III No
: 10-108.
