EFEKTIFITAS PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI DI MASA PANDEMI COVID 19
Main Article Content
Hilda Aqua Kusuma Wardhani
Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kapuas Sintang di saat Pandemi Covid
19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey melalui
google form secara online. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi
Universitas Kapuas Sintang semester 2, 4 dan 6.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa
mengikuti perkuliahan daring di rumah dengan menggunakan HP, dengan koneksi data dalam keadaan
sinyal internet yang cukup baik, meskipun dalam kondisi sinyal yang tidak stabil. Sistem perkuliahan
daring secara umum memberikan gambaran tentang kurang optimalnya pemahaman mahasiswa terhadap
materi perkuliahan yang disampaikan oleh Dosen melalui berbagai aplikasi, sehingga mengakibatkan
proses perkuliahan yang kurang efektif.
He, W., Xu, G., dan Kruck, S. E. 2019. Online
IS education for the 21st century. Journal
of Information Systems Education, 25
(2), 1.
Rusdiana, E., dan Nugroho, A. 2020.Respon
Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring
Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar
Hukum Indonesia UNESA.Integralistik,
(1), 1-12.
Sanjaya, R. (Ed.). 2020. 21 Refleksi
Pembelajaran Daring di Masa
Darurat. SCU Knowledge Media.
Shi, H., Han, X., Jiang, N., Cao, Y., Alwalid, O.,
Gu, J., dan Zheng, C. 2020. Radiological
findings from 81 patients with COVID-
pneumonia in Wuhan, China: a
descriptive study. The Lancet Infectious
Diseases.
Simonson, M., Smaldino, S., Albright, M., dan
Zvacek, S. 2012. Teaching and Learning
at a Distance. Foundation of Distance
Education
Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M.,
Kerwan, A., Al-Jabir, A., dan Agha, R.
World Health Organization declares
global emergency: A review of the 2019
novel coronavirus (COVID-19).
International Journal of Surgery.
Waryanto, N. H. 2006. On-line Learning Sebagai
Salah Satu Inovasi
Pembelajaran.Pythagoras, 2(1), 10–23.
