PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE(SSCS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BELITANG HILIR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Main Article Content
Nazarudin -
Share (SSCS)terhadap hasil belajar kelas XI IPA SMA Negeri 1 Belitang Hilir pada materi Jaringan
Tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen yang menggunakanPree Eksperimen Design
dengan rancangan penelitianOne Group Pretest-Posttest Design.Populasi dalam penelitian ini seluruh
kelas XI IPA SMA Negeri 1Belitang Hilir.Sampel dalam penelitian ini ditentukan denganPurposive
sampling.Hasil uji t Paired sample t test dan nilai menunjukkan nilai signifikasi (2-tailed)0,000 <
signifikasi α 0,05,Thutung> Ttabel 8,651 > 1,690sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
SSCS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Belitang Hilir pada
materi Jaringan Tumbuhan.
Kata kunci:Model SSCS, hasil belajar, jaringan tumbuhan
Adiyatmaningsih, H. Suara. Rini, K. 2014. Model
pembelajaran berbasis masalah
berbantuanmind mapping berpengaruh
terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V
SD gugus III gianyar. Jurnal Mimbar
PGSDUnivesitas PendidikanGanesha.
(1): 1-15
Fatiyah H.N., Susanti R., Santoso L.M., 2017.
Pengaruh Penerapan Model
Pembelajaran Search, Solve, Create
And Share (SSCS) Terhadap
Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 4
Palembang Pada Pembelajaran
Materi Sistem Ekskresi. Palembang
Djamarah,S.B. 2008.Psikologi Belajar. Jakarta:
Rieneka Cip
Mutaharoh.2011. Pengaruh Model
Pembelajaran Berdasarkan Masalah
(Problem Bassed Learning) Terhadap
Hasil Belajar Fisika Siswa. UIN Syarif
Hidayatullah: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
keguruan.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka
Cipta
