PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP JOSEPH KHATULISTIWA SINTANG
Main Article Content
Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif
dan menyenangkan yaitu dengan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek.Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Joseph Khatulistiwa pada materi
pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua
siklus dan tiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi keterlaksanaan model
pembelajaran dan pengukuran dengan menggunakan soal tes berupa pilihan ganda.Hasil penelitian
pada siklus 1 nilai rata-rata siswa 64 dengan nilai ketuntasan klasikal 66%. Sedangkan pada siklus 2,
nilai rata-rata siswa 72 dengan nilai ketuntasan klasikal 87%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan hasil belajar siswa sebesar 21% dari siklus 1 ke siklus 2.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Hamid, M. 2011.Metode Edutainment.
J ogyakarta: Diva press.
Kunandar. 2010. Langkah Penelitian Tindakan
Kelas Sebagai Pengembangan Profesi
Guru, Jakarta: Rajawali.
Ratnasari, D. 2017. Penerapan Model
Pembelajaran Exsample-Non-Exsample
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Sub Materi Ciri-Ciri Makluk
Hidup.Skripsi.Sintang Program Studi
Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sudjana, N. 2010.Dasar-dasar Proses Belajar.
Bandung: Sinar Baru Bandung.