Artikel Ilmiah Dalam Konteks Manajemen Lingkungan Sekolah : Program Sekolah Adiwiyata Sebagai Solusi Pengelolaan Lingkungan Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Hendra Setiawan
kehidupan masyarakat, salah satunya aspek pendidikan. Pendidikan yang normalnya dilakukan
secara tatap muka kemudian digantikan secara daring. Dampak terbesar terjadi pada
pengelolaan lingkungan sekolah karena kurangnya aktifitas di sekolah. Artikel ini bertujuan
untuk memberikan dukungan konsep tentang pengelolaan lingkungan sekolah selama masa
pandemic Covid-19. Metode yang digunakan adalah analisis referensi ilmiah yang terkait dengan
konsep pengelolaan lingkungan sekolah menggunakan komponen utama program sekolah
Adiwiyata. Analisis dilakukan secara deskriptif terhadap berbagai literatur yang terkait dengan
program sekolah Adiwiyata yang didapat dari Google Scholar (https://scholar.google.com/).
Hasilnya didapatkan bahwa beberapa komponen Adiwiyata dapat terlaksana, seperti
pengembangan kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, penerapan kurikulum berwawasan
lingkungan, serta pengelolaan sarana-prasarana berwawasan lingkungan, namun kegiatan
lingkungan berbasis partisipatif tidak dapat terlaksana dikarenakan dapat menjadi potensi
sumber penyebaran virus Covid-19. Namun demikian, penerapan program Sekolah Adiwiyata
merupakan strategi yang paling baik dan memungkinkan untuk dapat mengembalikan lingkungan
sekolah menjadi seperti saat sebelum pandemi.
Basit, A., Kuswanto, J. 2020. Faktor
Determinan Pengembangan Karakter Peduli
Lingkungan Berbasis Sekolah Inklusi. Jurnal
Rontal Keilmuan PKn, 6 (2) : 12-20.
Fajrin, L., Munastiwi, E. 2021. Kebijakan
Kepala Sekolah terhadap Pembelajaran Daring
via WhatsApp Group di Era Covid-19. Basica,
Jurnal of Art and Science in Primary School.
(1) : 1-15.
Hidayati, D.A., Husamah, H., Fatmawati, D.,
Miharja, F.D., Fauzi, A. 2020. Pendidikan
Lingkungan di Pondok Pesantren pada Masa
Pandemi Covid-19. Prosiding Diskusi Daring
Tematik Nasional 2020 “Pendidikan di Masa
Pandemi: Menelaah dari Daerah” ISBN 978-623-6613-01-6; PUBLIKASI ONLINE 5
SEPTEMBER 2020.
Hidayah, V. N. & Baedowi, F. S. (2020).
PERAN PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup)
SMAN 3 Klaten Era New Normal: Bertanam
Dari Sekolah Menuju Rumah. Jurnal
Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan
Berkelanjutan, 21(02), 1-12.doi: https://
doi.org/10.21009/PLPB.212.01
Ilmi, I. (2021). Ekonomi Hijau Sebagai
Strategi SMK Bakti Karya Parigi Menghadapi
Krisis Keuangan Pada Masa Pandemi Covid-
Munaddhomah: Jurnal Manajemen
Pendidikan Islam, 2(1), 9-15
Izun, T.A. 2021. Implementasi Budaya
Sekolah Adiwiyata di MAN Asahan
Kabupaten Asahan. Skripsi Jurusan
Manajenem Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam
Negeri Sumatera Utara.
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor
Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan
Program Adiwiyata.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik
Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 tentang
Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar
dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona
Virus Disease 2019 (Covid-19).
Toharoh, L., Suyoto, S., & Khaq, M. (2021).
Analisis Deskriptif Pelaksanaan Program
Adiwiyata di SDN Brenggong. Jurnal Kualita
Pendidikan, 2 (1): 43-49.
Setiawan, H., Afriani, R., & Dhae, M. D.
(2019). Building the framework of local
Adiwiyata schools in Sintang District, West
Kalimantan Province. JPBI (Jurnal
Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 471-480.
doi: https://doi.org/10.22219/ jpbi.v5i3.8761
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :
Alfabeta.