PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINTANG
Main Article Content
Djeni -
Hilda Aqua Kusuma Wardhani
Chris Octavianus
dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini
adalah True Experiment dengan desain penelitian menggunakan post-test only control group
design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintang yang
berjumlah 248 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Data dikumpulkan dengan
menggunakan post-test hasil belajar sistem gerak manusia, nilai tugas terstruktur siswa dan
angket motivasi berprestasi siswa. Analisis hipotesis menggunakan Anava Dua Jalur dan uji
Tukey-kramer. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan hasil belajar antara
kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode resitasi dengan metode
konvensional, hal ini dibuktikan dengan perolehan Fhitung > Ftabel = 20,88 > 4,01; 2) terdapat
pengaruh interaksi antara metode resitasi dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar
siswa, hal ini dibuktikan dengan perolehan Fhitung > Ftabel = 30,38 > 4,01; 3) tidak terdapat
perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan
metode resitasi dengan metode konvensional, pada kelompok siswa yang memiliki motivasi
berprestasi tinggi, hal ini dibuktikan dengan perolehan beda mean < nilai beda kritik = 3,33 <
8,12; 4) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran
menggunakan metode resitasi dengan metode konvensional, pada kelompok siswa yang memiliki
motivasi berprestasi rendah, hal ini dibuktikan dengan perolehan beda mean > nilai beda kritik
= 12,19 > 7,82; 5) hasil belajar kognitif dan psikomotorik termasuk dalam kategori tinggi
dengan nilai rata-rata hasil belajar kognitif sebesar 71,63 dan nilai rata-rata hasil belajar
psikomotorik sebesar 78,83.
Agustin, M. 2011. Permasalahan Belajar dan
Inovasi Pembelajaran. Bandung:
Refika.
Arifin, R. 2018. Pengaruh Metode Resitasi
terhadap Hasil Belajar Matematika
Ditinjau dari Motivasi Berprestasi
Siswa Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah Negeri Gowa Kabupaten
Gowa. Skripsi. Makassar: Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar.
Daud, F. 2010. Pengaruh Pembelajaran dengan
Metode Pemberian Tugas dan
Resitasi terhadap Hasil Belajar
Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri
Makassar. Jurnal Bionature, 11 (2):
-114.
Hizbi, T., Wajdi, B. 2017. Pengaruh Metode
Pembelajaran dan Motivasi
Berprestasi terhadap Hasil Belajar
IPA-Fisika Siswa. Kappa Journal, 1
(1): 1-12.
Kartiani, B.S. 2015. Pengaruh Metode
Pembelajaran dan Motivasi Belajar
terhadap Hasil Belajar Siswa pada
Mata Pelajaran IPS Kelas V
Kabupaten Lombok Barat NTB.
Jurnal Pendidikan Dasar, 6 (2): 212-
Komang, I.B., Susrama., Marhaeni, A.A.I.N.,
Koyan, I.W. 2013. Pengaruh
Penggunaan Metode Resitasi dan
Motivasi Berprestasi terhadap
Kemampuan Menulis Bahasa Inggris
pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3
Mendoyo. e-Journal Program
Pascasarjana Universitas
Pendidikan Ganesha, 3: 1-10.
Laba, I.W. 2010. Pengaruh Metode Resitasi
Tugas dan Motivasi Berprestasi
terhadap Hasil Belajar Matematika di
SMAN 1 Manggis. Jurnal
Pendidikan Matematika, 1 (1): 1-18.
Susanti, T., Sari, N., Hidayat. 2017. Pengaruh
Metode Resitasi terhadap Hasil
Belajar Biologi Siswa Kelas XI
Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Tanjung Jabung Timur. Jurnal Biodik,
(2): 53-59.