Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside
Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa pada sub materi struktur organisasi kehidupan
kelas X MIPA Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Tebelian. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental). Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas X MIPA 2 Sekolah Menengah Atas negeri 1 Sungai Tebelian yang berjumlah
36 siswa. Berdasarkan uji t Independent Samples Test diperoleh nilai sig (p-value) 0,001 < sig
á 0,05 dan nilai thitung 3,530 > ttabel 1,66 artinya model pembelajaran Inside Outside Circle
(IOC) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi struktur organisasi kehidupan. Basarnya
pengaruh Effect Size (ES) 0,8 dengan kriteria tergolong besar.
Lie, A. 2008. Cooperative Learning:
Memperaktikkan Cooperative Learning di
Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.
Purnamawanti, R ., Hartati, S ., Sa’adah, S.
Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Inside Outside Circle
Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa
Pada Materi Organisasi Kehidupan. Journal
program studi pendidikan biologI. ISSN: 2338-
Agustus 2015. Vol. 5. No. 1
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran.
Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.