Model pembelajaran quantum learning merupakan model pembelajaran yang
membiasakan belajar menyenangkan. Dengan menerapkan model pembelajaran quantum
learning ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa sehinga pada akhirnya dapat
meningkatkan hasil belajar secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sintang
Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dan rancangan penelitian menggunakan eksperimen Quasi Eksperimental dengan
menggunakan satu kelas yang dilakukan dengan memberikan pretest sebelum mendapat
perlakuan dan dilanjutkan dengan pembelajaran lalu diakhiri dengan posttest. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi
keterlaksanaan dan teknik pengukuran. Hasil observasi keterlaksanaan model Quantum
Learning ditinjau dari guru yaitu 88,23% dan ditinjau dari siswa yaitu 91,66 % dengan
kategori “sangat baik”. Hasil penelitian dibuktikan dengan menghitung seberapa besar
pengaruh penerapan model pembelajaran model Quantum Learning terhadap hasil belajar
siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dengan melihat t hitung
2,82 ≥ t tabel 2,70 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Besarnya pengaruh Model
Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa berada pada kriteria besar
diperoleh hasil d = 1,94 dengan kriteria 0,8 ≤ d ≤ 2,0 atau 0,8 ≤ 1,94 ≤ 2,0 dan kriteria besar
karena hampir mendekati 2,0.