Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think
Pair Share (TPS) berbantu media Puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar kelas VIII SMP
Negeri 2 Ketungau Hulu materi sistem ekskresi tahun 2019. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ketungau Hulu yang berjumlah dua kelas dan
sampelnya terdiri dari satu kelas yaitu kelas VIII B yang diambil secara teknik purposive
sampling yaitu menggunakan pertimbangan nilai rata-rata kelas dan jumlah siswa dalam satu
kelas. Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) diterapkan di kelas VIII B, instrumen
perlakuan yang digunakan adalah Silabus dan RPP sedangkan Instrumen pengukurannya
adalah soal test (pilihan ganda berjumlah 20 soal) dan lembar observasi. Hasil obsevasi
aktivitas dari sisi siswa dikategorikan sangat baik (90%) dan keterlaksanaan pembelajaran
dari sisi peneliti dikategorikan sangat baik (90%). Analisis data menggunakan uji normalitas
berdistribusi normal, uji homogenitas berdistribusi homogen, uji t dan uji effect size model
pembelajaran Think Pair share (TPS) berbantu media Puzzle berpengaruh besar terhadap
aktivitas dan hasil belajar kelas VIII SMP Negeri 2 Ketungau Hulu materi sistem ekskresi
tahun 2019, dengan hasil uji effect size sebesar 2,07.