ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI E-LEARNING YANG DIGUNAKAN SMA SINAR KASAIH SINTANG PADA MASA PANDEMI COVID-19
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi elearning
di SMA Sinar Kasih Sintang pada masa pandemi Covid-19. Metode
penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan
Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden dipilih menggunakan
purposive sampling dengan alasan pemilihan yaitu pihak yang merencakanan
(memiliki kebijakan) dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi elearning
yaitu Kepala Sekolah, Guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara
deskriptif dan data ditampilkan dalam bentuk deskripsi, gambar dan tabel. Hasil
penelitian diketahui bahwa SMA Sinar Kasih Sintang memanfaatkan aplikasi berupa
Zoom Meeting, Whats App, Google Classroom, Google docs dan Telegram dalam
menghadapi situasi pembelajaran selama masa pandemi Covid-19. Guru di bekali
pelatihan terkait pemanfaatan IT dalam pembelajaran dan menyiapkan peer-tutor
untuk dapat saling membantu sesama guru di sekolah. Pemilihan aplikasi yang ada
dikarenakan mudah diakses dan sesuai dengan keperluan disetiap mata pelajaran.
Aplikasi zoom meeting digunakan jika mata pelajaran memerlukan penjelasan lebih.
selain itu, dapat mengurangi miskonsepsi akibat siswa belajar secara mandiri. Pada
pembelajaran yang dianggap lebih mudah dipahami siswa, guru lebih memilih
menggunakan aplikasi Whats App, Google Classroom dan Telegram. Kesimpulan
penelitian di SMA Sinar Kasih Sintang Telah memanfaatkan aplikasi e-learning untuk
semua mata pelajaran. Guru diberikan pelatihan untuk menggunakan e-learning dan
penyiapan peer-tutor, termasuk siswa di berikan cara menggunakan e-learning.
Kendala yang ditemukan selama pelaksanaan adalah gangguan jaringan sehingga
menjadi factor pembatas kegiatan pembelajaran.