Motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa. Seseorang akan mendapat hasil yang diinginkan dalam belajar apabila dalam dirinya terdapat keinginan untuk belajar. Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong untuk pencapaian hasil yang baik. Seseorang akan melakukan suatu kegiatan karena ada motivasi dalam dirinya. Adanya motivasi yang tinggi dalam belajar akan mencapai hasil yang optimal. Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sintang. Penelitian dirancang dengan metode kuantitatif diskriptif. Data Penelitian berupa data motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa, dalam penelitian ini adalah nilai ulangan umum bersama. Berdasarkan analisis data dengan korelasi Person Product Momen, diperoleh hasil nilai r tabel = 0,2353, dan nilai r hitung = -0,22, dengan dk= 48. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sintang.