PENERAPAN MEDIA VIDEO DENGAN MODEL E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA KELAS X APL/A SMK NEGERI 4 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Main Article Content
Pembelajaran di masa pandemi covid-19, khususnya pembelajaran mata pelajarn eksak ( kimia) belum berjalan efektif. Agar Pembelajaran jarak jauh menjadi lebih efektif, menarik dan meningkatkan hasil belajar pesrta didik, maka dilakukan dengan menggunakan media video dengan model E-learning. Metode penelitian yang digunakan adalah : Wawancara dengan guru/walikelas, Observasi, Tes dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunkan analisis deskriptif.. Penelitian ini, jika hasil belajar siswa mampu mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥85% dengan Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) kimia yaitu 75, maka penerapan model e-learning dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar kimia. Hasil penelitisan dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar Pra Siklus adalah 14 siswa (48,3%) tuntas, dan 15 siswa (51,7%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 71,2, Siklus I adalah 24 siswa (82,8%) tuntas, dan 5 siswa (17,2%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 87,9, dan Siklus II terdapat 26 siswa (89,7%) tuntas, dan 3 siswa (10,3%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 89. Peningkatan ketuntasan belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 34,5%, dan Siklus I ke Siklus II 6,9%. Hal ini berdasarkan peningkatan hasil belajar pada Pra Siklus 48,3%; Siklus I 82,8%; dan Siklus II 89,7%. Hasil penelitian kelas X APL/A SMK Negeri 4 Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020, dapat disimpulkan bahwa model e-learning dan media video dapat meningkatkan hasil belajar Kimia kelas X APL/A SMK Negeri 4 Pontianak.
Abdul Majid. 2005. Perencanaan
Pembelajaran Mengembangkan
Standar Kompetensi Guru, Bandung :
Remaja Rosmaakarya.
Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide
to E-learning. Canada: John Wiley &
Sons. Arikunto.2007. Manajemen
Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan
E-learning dalam Pembelajaran.
Untan.2 (8): 11-21.
E. Mulyasa. 2013. Pengembangan dan
Implementasi Kurikulum 2013.
Bandung : Remaja Rosmaakarya.
Fitrah, Muh & Luthfiyah. 2018. Metodologi
Penelitian: Penelitian Kualitatif,
Tindakan Kelas, & Studi Kasus.
Sukabumi: Jejak.
Kemendikbud. 2014. Konsep dan
Implementasi Kurikulum 2013.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan
Kristanto, Vigih Hery. 2018. Metodologi
Penelitian Pedoman Karya Tulis
Ilmiah (KTI).Yogyakarta: Deepublish
Publisher.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik
(Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik
Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu
Pendekatan Praktis Disertai dengan
Contoh. Ed. Rev. Jakarta: Rajawali
Pers.
Kunandar.2011.Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: PT Raja Grafindo
L. Tjokro, Sutanto. 2009. Presentasi yang
Mencekam. Jakarta: Elex Media
Komputindo.
N. Imamah. 2012.Peningkatan Hasil Belajar
Kimia Melalui Pembelajaran
Kooperatif Berbasis Konstruktivisme
Dkimiamaukan Dengan Video
Animasi Materi Sistem Kehidupan
Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Kimia
Indonesia.1 (1). 32-36.
Niwayan As, I Gusti N, J, Ni Wayan A. 2016.
Penerapan Project Based Learning
BerbantuanVideo untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar Kimia. E- Journal PGSMA
Universitas Pendidikan Ganesha. 4(1).
-11
Pranoto, Alvini.dkk. 2009. Sains dan
Teknologi. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama. Rusman. 2015.
Pembelajaran Tematik Terpadu.
Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sadiman Arief S dkk., 2012. Media
Pendidikan: Pengertian,
Pengembangan, dan Pemanfaatannya.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Samatowa Usman. 2011. Pembelajaran
Kimia di MAdrasah Aliyah. Jakarta:PT
indeks Sriyanti, Lilik. 2011. Psikologi
Belajar
Sudjana, Nana.2013. Penilaian Hasil Proses
Belajara Mengajar. Bandung: PT
Remaja Rosidakarya
Susanto Ahmad. 2013.Teori Belajar dan
Pembelajaran di MAdrasah Aliyah.
Jakarta: PT Kharisma Putra Utama
Suyadi.2015.Panduan Penelitian Tindakan
Kelas. Jogjakarta: Diva Press. Trianto.
Model Pembelajaran Terpadu.
jakarta: Bumi Aksara
Vardana n, r., 2016. Pengaruh Media
Pembelajaran E-Learning Berbasis
Edmodo pada Mata Pelajaran
Penerapan Rangkaian Elektronika
untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Kelas XI Teknik Audio Video di
SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal
Pendidikan Teknik Elektro. 5 (3). 689
– 696.
Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajarn
Inovatif Kontemporer (Suatu tinjauan
konseptual operasional). Jakarta:
Bumi Aksara.
https://www.kompas.com/edu/read/..../03/17
/121116571/panduan-5-tahap-prosesbelajar-
di-rumah-untuk-sekolah-danorangtua?
page=all