IDENTIFIKASI VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) DI DESA MENSIAP BARU DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MEDIA BUKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI
Main Article Content
Desa Mensiap Baru merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang. Berdasarkan hasil observasi, mayoritas penduduk Desa Mensiap Baru adalah petani. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis-jenis varietas padi (Oryza Sativa L.) di Desa Mensiap Baru dan mengetahui kelayakan media buklet dari hasil identifikasi varietas padi (Oryza Sativa L.) di Desa Mensiap Baru sebagai media pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditemukan 14 varietas padi, yaitu padi beras terdiri dari Padi Dankan, Padi Langsat, Padi Pulau, Padi Sengang, Padi Lebang, Padi Arjuna, Padi Impari 11, Padi Impari 3 Bulan, Padi Apit, Padi 46, dan Padi Buah. Sedangkan jenis padi ketan terdiri dari Padi Mentawak, Padi Kasar, dan Padi Temedak. Hasil penilaian kelayakan buklet dari ahli materi dan media memperoleh nilai rata-rata total validasi (CVI) yaitu 0,99 dengan kriteria layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran.
Surakarta: UNS Press.
Anonymous. 2012. Panduan Pengelolaan
Tanaman Terpadu. Balai Pengkajian
Teknologi Pertanian. Jawa Tengah.
Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran.
Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran.
Jakarta. Rajawali Press.
Bellon, Herve; von Huene, Roland;
Aubouin, Jean. 2005: Minorelement
chemical analyses of Hole 84-567A.
PANGAEA.
Bly, R. (2009). Money Making Writing Job.
United States of America:
Soucebooks, Inc
Darrna, I.D.P dan Pepeng,I.N. 2007.
Inventarisasi Tumbuhan Paku di
Kawasan Taman Nasional Laiwangi-
Wanggameti Sumba
Timur,Waingapu, NTT. UPT
Balai Konservasi Tumbuhan Kebun
Raya Eka Karya Candikuning,
Baturiti Tabanan,Bali.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Gava
media. Yogyakarta.
De Wet, J.M.J., Harlan, J.R. & Brink, D.E.
(1986). Reality of infraspecific
taxonomic units in domesticated
cereals. In: Styles, B.T. (ed.)
Infraspecific Classification of Wild
and Cultivated Plants. New York,
Oxford University Press, pp. 210–
Enawaty, E dan Hilma, S. (2010). Pengaruh
Penggunaan Media Komik Terhadap
Hasil belajar Siswa Kelas X SMA
Negeri 3 Pontianak Pada Materi
Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit.
Jurnal Pendidikan Matematika dan
IPA. 1(1): 24-36.
Fitri, H. 2009. Uji Adaptasi Bebrapa Padi
Ladang ( Oryza sativa L ). Skripsi
Universitas Sumatra Utara. Medan.
Fitriastutik, D. (2010). Efektivitas Booklet
dan Permainan Tebak Gambar
Dalam Meningkatkan Pengeta-huan
dan Sikap Siswa Kelas IV Terhadap
Karies Gigi di SD Negeri 01, 02, dan
Bandengan Kecamatan Jepara
Kabupaten Jepara Tahun Ajaran
/ 2010. Skripsi. Jurusan Ilmu
Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu
Keolahragaan, Universitas Negeri
Semarang.
French, C. (2011). How to Write Successful
How to Booklet. England UK: The
Endless Bookcase
Hairmansis A, Supartopo, Kustianto B,
Suwarno, Pane H. 2012. Perakitan
dan pengembangan varietas unggul
baru padi toleran rendaman air inpara
dan Jurnal Lahan Suboptimal, 1(2)
Oktober 2012 169 inpara 5 untuk
daerah rawa banjir . Jurnal Litbang
Pertanian. 31:1.
Hajoeningtijas, O.D. dan A.M. Purnawanto.
Keragaman padi lokal di
Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Agritech. XV(2):69–77.
Holilah, S., Entin Daningsih., Titin. 2017.
Kelayakan Booklet Materi
Keanekaragaman Hayati
Berdasarkan Morfologi Dan
Kandungan Gizi Buah Tepo, Kereke,
Pirit. Pontianak.
Hapsari, C. M. (2013). Efektivitas
Komunikasi Media Booklet ―Anak
Alamiǁ
Sebagai Media Penyampaian Pesan
Gentle Birthing Service. Jurnal
EKomunikasi Vol I. No. 3. Hlm 264-
Imtihana, M. (2014). Pengembangan Buklet
Berbasis Penelitian Sebagai Sumber
Belajar Materi Pencemaran
Lingkungan di SMA. Unnes journal
of biology 3 (2); 186-192.
Khabibah. 2006. Pengembangan Model
pembelajaran Matematika dengan
Soal Terbuka untuk Meningkatkan
Kreativitas Siswa Sekolah Dasar.
Surabaya. Doktoral Universitas
Negeri Surabaya.
Komisi Nasional Plasma Nutfah. 2003.
Panduan sistem karakterisasi dan
evaluasi tanaman padi. Jakarta, Badan Penelitian dan Pengembangan
Pertanian.
Kurniawati, H., Kartana, S.N., dan Sius, I.
Inventarisasi Jenis Padi Ladang
(Oryza Sativa, L.) Di Desa Idas
Kecamatan Noyan Kabupaten
Sanggau. Jurnal Media Edukasi. 4
(2). Halaman 99₋105.
Kuswanto. 2007. Teknologi Pemrosesan
Pengemasan dan Penyimpanan
Benih.
Kanisius. Yogyakarta.
Lawshe, C H.(1975). A Quantitative Ap
Proach to Content Validity. Personel
Physycology. 28: 563-575.
Mintarti. (2001). Efektivitas Buklet Makjan
Sebagai Media Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Perilaku Berusaha
Bagi Pedagang Makanan Jajanan
(Kasus di Kabupaten Cianjur). Tesis.
Pasca Sarjana Institut Pertanian
Bogor.
Rembang, Janne H.W., Abdul W. Rauf, dan
Joula O.M. Sondakh. 2018. Karakter
Morfologi Padi Sawah Lokal di
Lahan Petani Sulawesi Utara. Buletin
Plasma Nutfah. 24(1) :1–8.
Simamora, R S. 2009. Buku Ajar Pendidikan
Dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.
Sitinjak, Haryanto., dan Idwar. 2015.
Respon Berbagai Varietas Padi
Sawah (Oryza Sativa L.) Yang
Ditanam Dengan Pendekatan Teknik
Budidaya Jajar Legowo Dan Sistem
Tegel. JOM Faperta 2 (2) : 1-15.
Sitohang, Fristy R H., Siregar, L A M., dan
Putri, L A P. 2014. Evaluasi
Pertumbuhan Dan Produksi Beberapa
Varietas Padi Gogo (Oryza Sativa L.)
Pada Beberapa Jarak Tanam Yang
Berbeda. Jurnal Online
Agroekoteknologi . ISSN No. 2337-
2 (2) : 661 – 679.
Subana, M dan Sudrajat. 2005. Dasar-Dasar
Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka
Setia
Sudarto. 1992. Metodologi Penelitian
Filsafat. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Sudjana, N dan Ibrahim, M A. 2009.
Penelitian dan Penilaian Pendidikan.
Bandung. Sinar Baru Algensindo
Sugeng. H. R. 2001. Bercocok Tanam Padi.
Semarang : Aneka Ilmu
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suhartatik. 2008. Morfologi dan Fisiologi
Tanaman Padi. Balai Besar Penelitian
Tanaman Padi. Hal. 295₋330.
Suhartatik. 2009. Morfologi dan Fisiologi
Tanaman Padi. Skripsi. Balai Besar
Penelitian Tanaman Padi.
Sumartono, B.S dan Hardjono. 1980.
Bercocok Tanam Padi. CV.
Yasaguna.
Jakarta.
Supangkat S, Gatot. 2017. Eksistensi
Varietas Padi Lokal pada Berbagai
Ekosistem Sawah Irigasi: Studi di
Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal
Agrosains (Journal of Agro Science) 5
(1) : 34-51.
Susilana, R dan Cepi, R. (2009). Media
Pembelajaran: Hakikat,
Pengembangan, Pemanfaatan, dan
Penilaian. Bandung: Wacana Prima
Susilawati, N. 2015. Kelayakan Media
Buklet Etnobotani Di Desa Arus Deras Pada Submateri Manfaat
Keanekaragaman Hayati SMA.
Artikel penelitian. Pontianak:
Universitas Tanjungpura Pontianak.
Usman, Husaini., Akbar, Purnomo Setiadi.
Metodologi Penelitian Sosial,
Jakarta: PT Bumi Aksara
Utama, M. 2015. Budidaya Padi Pada
Lahan Marjinal. Yogyakarta: ANDI
Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media
Pembelajaran Matematika Berbasis
ICT Yang Berkualitas. Surabaya:
Seminar Nasional Pascasarjana X –
ITS UNESA