ANALISIS MINAT ENTREPRENEUR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI MELALUI MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN
Main Article Content
Kardius Richi Yosada
Putra Dinata
Pengangguran menjadi salah satu masalah serius di Indonesia yang masih sulit diatasi, karena pertambahan jumlah penduduk yang tinggi, tidak diimbangi dengan pertambahan lapangan kerja. Perusahaan semakin selektif menerima karyawan baru, namun minat generasi muda Indonesia dalam berwirausaha saat ini relatif masih rendah. Dalam kondisi ini dunia pendidikan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan minat berwirausaha generasi muda. Semakin bertambahnya lulusan sarjana akan semakin ketat persaingan dalam mencari pekerjaan serta kurangnya lapanga pekerjaan akan menambah jumlah daftar pengangguran. Menjadi penggangguran adalah sesuatu hal yang tidak banyak orang lain inginkan, karena selain merugikan diri sendiri juga tidak bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya mata kuliah kewirausahaan bagi mahasiswa pada progam studi Pendidikan Biologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Infoman sejumlah 11 orang mahasisa yang sudah mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan adanya mata kuliah kewirausahaan di perguruan tinggi mampu menumbuhkan jiwa entrepreneur dengan cara menanamkan pengetahuan dan minat dalam berwirausaha, menumbuhkan kepercayaan diri dan keterampilan dalam berwirausaha, meningkatkan motivasi untuk menjadi young entrepreneur.
Anwar, Muhammad. (2014). Pengantar Kewiraushaan Teori dan Aplikasi. Ed 1. Jakarta. Prenadamedia Group.
Basrowi. (2011) . Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor. Ghalia Indonesia
BPS. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Jawa Timur tahun 2020. Diakses tanggal 13 maret 2020 pukul 20.00
Farid. (2017). Kewirausahaan Syaria.Jakarta. Kencana.
Handayani. Tri, Suyanto. ( 2016). Hubungan EQ, Pengetahuan kewirausahaan, dan hasrat marginal menabung, dengan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Harmoni sosial : Jurnal Pendidikan IPS. Volume 3, No 1, (pp. 95-104).
Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi Berpretasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. (tidak dipubliksikan).
Moko P. Astameon. (2008). Entrepreneurship Dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia. Bandung. Alfabeta.
Meleong. J, Lexy. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Kasmir. (2011). Kewirausahaan. Jakarta.Rajawali Press
Panji Anorga dan Joko Sudantoko (2002). Koperasi: Kewirausahaan Dan Pengusaha Kecil. Jakarta . Rineka Cipta.
Peraturan Pemerintah. (2010). Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Puspitaningsih, Flora. (2014). Pengaruh Efikasi Diri dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Motivasi. Tulunggaungng: STKIP PGRI, dalam Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 2. No. 2.
Rosmiati, dkk .(2015). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa.Nusa Tenggara Timur: Politeiteknik Negeri Kupang, dalam Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol.2.No. 2.
Saiman, Leonardus. (2014). Kewirausahaan : Teori, Praktik dan Kasus-kasus edisi2. Jakarta. Salemba Empat .
Serian Wijatno. (2004). Pengantar Entrepreneurship.Jakarta.Gramedia.
Siswoyo, D., dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Ulfa, Nadhira dan Maftukhatusolikhah. (2015). Minat Wirausaha Kaum Santri dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya (Studi Pada Pondok Pesantren Ar-Riyadh Palembang)
:Universitas Islam Negeri Raden Fatah, dalam Jurnal I-Economics Journal, Vol.1. No. 1.
