PENGARUH PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 03 SINTANG
Main Article Content
Rachmi Afriani
Rinda Tasari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (PBI) disertai metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada sub materi struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 03 Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eskperimen dengan desain penelitian Non-Equuivalent Control Gruop Desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran dengan menggunakan tes tertulis yaitu berupa tes hasil belajar dan teknik dokumentasi berupa nilai foto dan serangakaian kegiatan penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t (independent sample t-test). Berdasarkan hasil uji t di peroleh nilai thitung ˃ ttabel 3,006 ˃ 1,680, sehinga H0 ditolak H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran (PBI) disertai metode demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada sub materi struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Negeri 03 Sintang. Besarnya pengaruh PBI disertai Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa sebesar 1,35 dengan kriteria besar.
Afriani R. dan Oktaviani N. 2017. Pengaruh Model Pembelajran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sintang. Edumedia,1(2):42-48.
Gitakarma,S,M. Nyoman,S.Gede,S. 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Siswa Kelas X BB1 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. e-Journal Jurnal JPTE Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Teknik Elektro . 4 (1). 34-43.
Jampel, N. Mahadewi, P. P. L. dan Apriana, W. K. 2014. Pengaruh Model PBI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Desa Tanjakula. Jurnal PGSD. 2 (1). 1-10.
Panjaitan, P. R. dan Yanti, E. T. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Melalui Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sukadana. Jurnal Penelitian Universitas Tanjungpura XXI (1) : 1-42.
Sudjana, N. 2014. Penilian hasil belajar mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2011. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D: Bandung (ID) Alfabeta.
Sugiyono, 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanti, V. N. dan Hadi, K. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Dikelas VIII SMP Negeri 2 Meurebo Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bionatural. 4 (1). 2-10.
Tastra,K.D. Syahruddin. dan Hari, W.A.I. 2014. Pengaruh Model Problem Based Instruction Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Di Gugus V Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha., 6(1).
Yushardi., Indrawati dan Suasanti, D. E. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Disertai Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika SMA (Studi pada kelas X MIA SMAN Arjasa Jember). Jurnal pembelajaran fisika.FKIP Universitas Jember. 4 (3). 1.
Rachmi Afriani, Universitas Kapuas
SINTA ID : 6156473
SCOPUS ID : 121377256
