PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMPN 12 SEPAUK
Main Article Content
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMP N 12 Sepauk. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMPN 12 Sepauk yang berjumlah 50 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Analisis hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining yang ditinjau dari guru dan siswa terlaksana dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukan thit > ttab, yaitu 3,16 > 2,01 (pada taraf signifikansi 5%) artinya model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada sub materi klasifikasi makhluk hidup di SMP N 12 Sepauk dan besarnya effect size 0,63 menunjukan bahwa model pembelajaran ini berpengaruh sedang terhadap prestasi belajar siswa pada sub materi klasifikasi makhluk hidup di SMP N 12 Sepauk.
Abbas, M. F. F., & Fathira, V. (2020). Implementation of Android Application to Solve The Students’ Pronunciation of Ending –Ed. English Review: Journal of English Education, 8(2), 265–272. https://doi.org/10.25134/erjee.v8i2.2648
Alizamar, & Couto, N. (2016). Psikologi persepsi & desain informasi. Media Akademi.
Ariawan, R. (2013). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Visual Tingking Disertai Aktivitas Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa. (Online), (http://repository.upi.edu/2238/6/T_MTK_1101574_Chapter3)
Baharudin dan Wahyuni. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yokyakarta: Ar- Ruzz Media.
Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Mahmud, F. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Facilitator And Explaining Pada Perkalian Bilangan Bulat. Jurnal pendidikan matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol 1 (2):72-74
Purnitawati, D. (2011). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa kelas IV di SD No 1 Beratan Tahun Pelajaran 2011/2012. Singaraja: Jurnal FKIP Vol 7(4):4-9.
Santa, P., Suarjana, M., Sudatha, I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD Negeri 2 Gianyar. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol 3(4):5-8.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian pendidikan,Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Permata Press.
Rachmi Afriani, Universitas Kapuas
SINTA ID : 6156473
SCOPUS ID : 121377256