PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) BERBANTUAN ASSEMBLR EDU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP IT ROBBANI SINTANG
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Augmented Reality (AR) berbantuan Assemblr Edu terhadap hasil belajar siswa SMP IT Robbani Sintang kelas VIII pada mata pelajaran IPA materi sel Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Robbani Sintang Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 22 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Sample Test diketahui bahwa nilai Sig (Asymp. Sig 2-tailed) sebesar 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari batas kritis penelitian yaitu 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media Augmented Reality (AR) berbantuan aplikasi Assemblr Edu terhadap hasil belajar siswa SMP IT Robbani Sintang Kelas VIII pada mata pelajaran IPA materi sel Tahun Ajaran 2023/2024.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Bacca, J., Baldiris, S., Fabregat, R., Graf, S., & Kinshuk. (2014). Augmented Reality Trends in Education: A systematic review of research and applications. Educational
Burhanudin, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem. Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(3), 266–274.
Chairudin, M., Nurhanifa., Yustianingsih, T., Aidah, Z., Atoillah, & Hadi, M.S. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi Assemblr Edu Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP/MTs. Community Development Journal, 4(2): 1312-1318
Chugh, G., Sachdeva, S., Gupta, R., Mahajan, P., & Jain, S. (2019). Overview of Augmented Reality in Education. International Research Journal of Engineering and Technology, 6(4): 4610-4616.
Djeni., Wardhani, H.A.K., & Octavianus, C. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(2): 33-41.
Fakhrudin, A., Yamtinah, S., & Riyadi. (2019). Implementation of augmented reality technology in natural sciences learning of elementary school to optimize the students’ learning result. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 3(1): 1-10.
Gopalan, V., Bakar, J. A. A., & Zulkifli, A. N. (2017). A Brief Review of Augmented Reality Ccience Learning. AIP Conference Proceedings, 1891. Technology and Society, 17(4): 133-149. https://doi.org/10.1063/1.5005377
Haller, M., Billinghurst, M., & Thomas, B. (2006). Emerging technologies of augmented reality: Interfaces and design: Interfaces and design. Igi Global.
Ismiyani, A. (2020). Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Jusmawati., Upu, H., & Darwis, M. (2015). Efektivitas Penerapan Model Berbasis Masalah Setting Kooperatif Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas X Sma Negeri 11 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(1):30-40. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1314
Kouzi, M. E. (2019). Augmented Reality Plant & Animal Cells : Design and Evaluation of an Educational Augmented Reality Application, Journal of Virtual World Research. 12(3): 1-13
Lestari, D.W., Rusimmato, P.W., & Harimurti, R. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbantuan Assemblr Edu Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JVTE: Journal of Vocational and Technical Education, 5(2): 225-232
Marsono., Mulyanto., & Isfarudi. (2021). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Smartbook terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA pada Siswa SDN 2 Waluyo Kecamatan Buluspesantren, Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2): 3463-3469
Masmuzidin, M. Z. & Aziz, N. A. A. (2018). The Current Trends Of Augmented Reality In Early Childhood Education. The International Journal of Multimedia & Its Applications (IJMA), 10(6).
Moedjiono. (1992). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Padang, F. A., Ramlawati., & Yunus, S.R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6(1): 38-46
Qorimah, E. N., & Sutama. (2022). Studi literatur: media augmented reality (ar) terhadap hasil belajar kognitif. JURNALBASICEDU, 6(2): 2055-2060.
Setyawan, B., Rufii, Nf., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Siswa Sd. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1): 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90
Sukiman (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Syawaludin, A., Gunarhadi., & Rintayati, P. (2019). Enhancing elementary school students’ abstract reasoning in science learning through augmented reality-based interactive multimedia.