ANALISIS HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI 2 SINTANG TAHUN AJARAN 2023/2024
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar pada mata pelajaran Biologi kelas XI di SMA Negeri 2 Sintang Kabupaten Sintang Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara, data hasil belajar, dan dokuemntasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman, yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sintang tahun Ajaran 2023/2024 pada mata pelajaran Biologi materi sel sebesar 80% atau 16 dari 20 siswa termasuk ke dalam kategori tuntas, dan 20% atau 4 dari 20 siswa termasuk ke dalam kategori tidak tuntas. Nilai tertinggi pada mata pelajaran Biologi materi sel yaitu sebesar 97 dan nilai terendahnya sebesar 26, dengan nilai rata-rata kelas yaitu sebesar 75,85.
Andrini, V. S. (2016). The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students ’ Learning Outcome : A Theoritical and Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38–42.
Anggraini, dkk. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini Di Sd Adiwiyata. Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 2(1).
Damayanti, L. (2016). Hubungan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V SDN di Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19 (2), 253-254.
Djamarah, S.B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah dan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hartata, R. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sejarah (Peminatan). KERATON : Journal of History Education and Culture, 1(2).
Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y., & Atmaja, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31-41.
Rahmi, N.A., Fitri, R., Selaras, G.H, Sumarmin, R. (2019). Analisis Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP di Kota Padang. Bioeducation Journal. 1(2).